Waktu Tidur yang Baik Menurut Islam

2
389
Waktu Tidur yang Baik Menurut Islam

Waktu Tidur yang Baik Menurut Islam – Pada saat apakah kamu memutuskan untuk tidur? Apakah saat lelah, mengantuk, atau hanya ingin tidur saja? Tahukah kamu, bahwa tidur dalam islam bisa memberikan pahala, asalkan kamu tidur diwaktu-waktu yang tepat yang sudah dianjurkan.

Tidur dapat Mendatangkan Pahala?

Waktu Tidur yang Baik Menurut Islam

Tidak hanya mendatangkan pahala saja, tidur diwaktu yang tepat juga bisa memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Sebaliknya, jika tidur pada waktu yang dilarang maka bisa mendatangkan keburukan pada kesehatan pelakunya.

Nah, untuk itu agar tidur kita bernilai pahala serta memberikan manfaat bagi kesehatan, alangkah baiknya jika kita mengenali waktu tidur yang di baik menurut islam. Berikut ini ulasannya.

Tidur di Pertengahan Siang

Waktu tidur yang baik menurut islam yang pertama adalah Tidur dipertengahan siang atau biasa disebut qailulah merupakan tidur yang dianjurkan. Saat melakukan aktivitas tidur ini, kamu tidak perlu tidur sungguh-sungguh. Tapi bisa saja beristirahat untuk memejamkan mata sejenak dari penatnya rutinitas harian.

Saat melakukan tidur siang ini, kamu bisa melakukannya selama 20-3o menit sebelum Dzuhur ataupun sesudahnya. Manfaat yang diperoleh dari tidur ini sangatlah banyak, mualai dari meredakan stres, mencegah sakit jantung, dan meningkatkan produktivitas, meningkatkan daya ingat.

Tidur di Awal Malam

Waktu tidur yang baik menurut islam yang kedua adalah tidur diawal malam. Maksud dari tidur diawal malam ini adalah tidur setelah waktu isya, yang mana harus setelah sholat isya.

Diriwayatkan dari Abu Barzah radlyallaahu ‘anhu : ”Bahwasannya Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wasallam membenci tidur sebelum shalat isya’ dan mengobrol setelahnya” (HR. Bukhari 568 dan Muslim 647).

Maksud dari hadist ini ialah kita dilarang untuk tidur sebelum waktu isya, karena ini bisa membuat kita lalai dalam melakukan sholat isya, sedangkan maksud dari mengobrol setelahnya adalah setelah sholat isya nabi menganjurkan kita untuk langsung tidur, hal ini dikarenakan agar kita bisa kembali terbangun untuk melakukan sholat malam.

Waktu Tidur yang Dilarang dalam Islam

Waktu Tidur yang Baik Menurut Islam1

Tidak hanya Waktu Tidur yang Baik Menurut Islam, ternyata ada juga waktu-waktu tidur yang dilarang dalam islam, hal ini dikarenakan bisa memberi dampak buruk bagi tubuh dan mental. Apa saja waktu tidur yang dilarang dalam islam? Simak penjelasan berikut ini.

Waktu Tidur Pagi Hari

Tidur setelah sholat subuh memberikan rasa nikmat bagi tubuh. Ternyata dibalik kenikmatan tidur diwaktu ini memiliki dampak buruk didalamnya. Hal ini karena Rosulullah SAW melarang umatnya untuk tidur diwaktu seperti ini.

Tidur setelah subuh ini dapat menimbulkan rasa malas untuk melakukan aktivitas di sisa harinya, sehingga kemungkinan untuk melakukan pekerjaan sangatlah kecil. Dan secara tidak langsung ini bisa menghambat datangnya rizqi kepada kita.

Selain itu, tidur setelah sholat subuh bisa berdampak buruk pada kesehatan. Menurut sebuah penelitian, tidur setelah sholat subuh bisa menyebabkan gangguan pada metobolisme tubuh yang berakibat tubuh menjadi lesu dan lemah. Maka jangan heran jika tidur dipgi hari dapat menghambat rizqi.

Waktu Tidur Sore Hari

Tidur di sore hari juga dilarang oleh nabi. Sebagian ulama bersepakat, bahwa “siapa saja yang tidur setelah sholat ashar sehingga terganggu kejiwaannya, maka janganlah ia mencaci selain dirinya sendiri”.

Sadar atau tidak sadar, tidur diwaktu sore tepatnya ketika setelah sholat ashar, ia akan merasa kebingungan setelah bangun dari tidurnya. Bahkan ada beberapa orang yang terkena gangguan jiwa setelah tidur di waktu ashar selama 40 kali berturut-turut. Wallahua’lam.

Waktu Tidur Setelah Makan

Tidur setelah makan makan bisa mengakibatkan gangguan pada kesehatan, karena proses pencernaan akan mengalami gangguan bahkan kegagalan ketiak proses pencernaan makanan. Untuk itu setelah makan usahakan jangan langsung tidur, kamu bisa menunggunya beberapa waktu sebelum tidur.

Waktu Tidur Sepanjang Hari

Hukumnya makruh jika tidur sepanjang hari. Tidur sepanjang hari mengakibatkan tubuh menjadi malas dan tentunya kesehatan tubuh kamu akan mengalami gangguan.

Untuk itu tidur seperlunya saja, Maksimal tidur 8 jam, jangan sampai berlebihan nanti yang ada kesehatan kamu akan terganggu. Dan hindari waktu-waktu yang dilarang untuk tidur.

Itulah sedikit yang bisa saya sampaikan mengenai “Waktu Tidur yang Baik Menurut Islam” Semoga artikel saya ini bisa memberikan manfaat bagi kamu, dan semoga kamu yang masih sering tidur diwaktu-waktu terlarang bisa merubahnya.

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here