Tips Menulis Artikel SEO Friendly

1
105
Tips Menulis Artikel yang SEO Friendly

Tips Menulis Artikel yang SEO Friendly – Halo sahabat semuanya, bagaimana kabar kalian semuanya? Semoga selalu dalam lindungan tuhan yang maha esa. Pada kesempatan kali ini, saya ingin berbagi mengenai tips menulis artikel yang SEO Friendly.

Kenapa Harus Menulis Artikel yang SEO Friendly?

Tips Menulis Artikel yang SEO Friendly

Menulis sebuah artikel di platform online tidak hanya membutuhkan kemampuan penulisan saja loh. Kamu juga sebaiknya harus memahami teknik-teknik SEO (Search Engine Optimization) Sehingga artikel yang kamu tuliskan ini bisa mendapatkan ranking dalam mesin pencari.

Kecuali kamu menulis artikel hanya untuk menyelesaikan tugas sekolah atau hanya sekedar untuk berbagi, maka kamu tidak perlu untuk memperhatikan kaidah SEO dalam artikelmu. Kamu hanya perlu membuat artikel yang enak dibaca oleh banyak orang.

Tapi jika kamu menulis artikel untuk sebuah website, atau kamu ingin menjadi seorang blogger yang dibayar (Adsense) maka kamu perlu memperhatikan kaidah SEO dalam setiap penulisan artikelmu. Walaupun kamu menulis artikel yang SEO Friendly, kamu tidak harus menerapkannya secara membabi buta.

Kamu juga harus perlu menjaga sisi natural dari artikelmu. Sebab yang menjadi pembaca adalah manusia, bukan mesin ataupun robot. Sehingga artikelmu harus berpatokan pada kaidah-kaidah penulisan yang baik dan benar, hanya saja sedikit diberi sentuhan teknik-teknik SEO.

Artikel yang berkualitas dan SEO Friendly akan memberikan kamu banyak keuntungan, antara lain meningkatkan traffic pada blog, mendapatkan backlink otomatis, dan mendapatkan kepercayaan dari pengunjung kamu.

Tips Menulis Artikel SEO Friendly

Dibawah ini sudah saya berikan Tips Menulis Artikel yang SEO Friendly

1. Terapkan Kata Kunci diawal Judul Artikel

Setelah menentukan kata kunci yang ditargetkan, maka kamu bisa memasang kata kunci ini di judul artikel. Karena ini adakah kompenen yang sangat penting. Gooogle biasanya saat akan melakukan crawl, elemen pertama yang ditemukan oleh google sendiri adalah judul atau title.

Maka oleh karena itu, judul artikel harus diberikan kata kunci utama dari artikel tersebut. Ini agar bisa lebih mempermudah google dalam menentukan tema artikel kita, jangan sampai google kebingungan menentukan tema kita, karena judul yang kurang jelas.

Biasanya penempatan kata kunci pada judul adalah semakin kiri maka akan semakin baik. Namun perlu kamu perhatikan, jangan sampai memaksakan kata kunci didepan, sehingga akan membuat judul tidak enak dibaca atau bahkan sulit untuk dimengerti.

2. Penempatan Kata Kunci

Penempatan kata kunci dalam artikel ini sangatlah penting, tapi jangan sampai melebihi batas dalam memasukan kata kunci.

Sebelum google panda lahir, banyak orang yang menyarankan untuk memasukan kata kunci dalam artikel sebanyak 3%-5%. Namun, setelah google panda lahir dan algoritma update, maka cara ini sudah tidak berlaku lagi, bahkan artikel yang masih menggunakan metode ini akan terkena pinalti karena dianggap sebagai spam kata kunci.

Penampatan kata kunci ini sangatlah penting, tapi kalau bisa tidak perlu terlalu banyak menggunakan kata kunci dalam artikel cukup 1% saja. Algoritma google saat ini sudah sangat canggih, ia bisa menentikan mana artikel yang berkualitas dan artikel yang spam. Pada saat membuat artikel fokuslah pada user exprence.

3. Gunakan Variasai Kata Kunci

Variasi kata kunci atau biasa disebut dengan Latent Semantic Indexing (LSI) bisa saya katakan mirip dengan sinonim, yaitu kata-kata yang masih memiliki hubungan dengan kata kunci utama.

Contohnya : Jika kamu menargetkan kata kunci(utama) “Baju kokoh”, maka untuk menyelipkan kata kunci ini, kamu bisa menyisipkan kata-kata yang masih memiliki hubungan dengan kata kunci, seperti baju musli, busana muslim, dan masih banyak lainnya. Tapi tentunya artikelmu harus enak dibaca, mudah dimengerti, dan tentunya berkualitas.

4. Perhatikan Kedalaman Keyword

Tips Menulis Artikel yang SEO Friendly1

Salah satu cara yang masih dipakai oleh google dalam menampilkan hasil pencarian adalah dengan melacak atau menganalisa kedalaman kata kunci dalam suatu artikel. Dengan cara seperti ini google akan menampilkan artikel yang relevan dengan apa yang dibutuhkan oleh para pembaca.

Biasanya google akan menampilkan artikel yang memiliki kata kunci dengan porsi yang tepat dimata mereka (Mesin Google), kata kunci yang dominan tapi tidak berlebihan. Berapa kata kunci yang dipakai dalam 1 artikel? pertnyaan ini sangatlah sulit dijawab, tapi para praktisi seo biasanya menggunakan 5-7 kata kunci untuk setiap artikel 500 kata. Jumlah ini belum termasuk LSI keyword yahh..

Itulah sedikit yang bisa saya berikan mengenai tips menulis artikel SEO Friendly yang mungkin bisa kamu coba sendiri dirumah. Karena saya yakin cara ini masih akan banyak orang yang menggunakannya, karena kata kunci merupakan hal yang penting dalam kerja google.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here