Tips Menjaga Kesehatan di Bulan Ramadhan

1
87
tips menjaga kesehatan di bulan ramadhan

Tips Menjaga Kesehatan di Bulan Ramadhan – Bulan ramadhan merupakan bulan yang mulia karena di penuhi dengan keberkahan. Ramadhan merupakan bulan yang paling dinantikan dan di rindukan oleh orang-orang beriman, dimana pahala dari setiap ibadah kita dilipat gandakan.

Manfaatkan Ibadah di Bulan Ramadhan

tips menjaga kesehatan di bulan ramadhan1

Ketika bulan ramadhan tiba, maka pintu-pintu surga dibuka dan pintu neraka di tutup serta setan dan jin dibelenggu. Oleh karena itu, kita sebagai seorang muslim hendaknya bisa memanfaatkan dan memaksimalkan diri dalam beribadah ketika berjumpa dengan bulan ramadhan ini.

Tapi, memaksimalkan diri dalam beribadah bukan berarti kita tida memperhatikan kondisi tubuh. Tubuh ita ini memiliki hak-haknya yang perlu dipenuhi, seperti menjaga kesehatan dibulan puasa. Kita hendaklah menjaga kesehatan tubuh agar bisa beribadah semaksimal mungkin.

Tips Menjaga Kesehatan di Bulan Ramadhan

Dibawah ini ada beberapa tips menjaga kesehatan di Bulan ramadhan ketika berpuasa.

1. Makan Sahur

Agar kita kuat menjalankan aktivitas kita berpuasa tentunya kita tidak boleh melupakan sahur ini. Ketika sahur, usahakan untuk mengkonsumsi cukup makanan sederhana tapi tida terlalu berat, yang terpenting bisa memenuhi unsur gizi yang komplit seperti lemak, protein, vitamin, mineral, dan karbohidrat.

Makanan yang mengandung seratpun bermanfaat untuk menahan rasa lapar ditengah hari. Saat sahur kkonsumsilah buah dan sayuran, selain itu hindari makanan yang terlalu manis. Karena bisa memicu pengeluaran insulin yang mengakibatkan tubuh menjadi lemah.

Jangan lupa untukk meminum air yang cukup ketika sahur, karena lebih dari 60% tubuh kita terdiri dari air dan untuk menjalanan fungsi organ tubuh membutuhkan air. Minum air yang dimaksud ini tidak hanya sekedar air putih saja, kamu bisa mengkonsumsi susu, sirup, ataupun teh. Yang terpenting kebutuhan air dalam tubuh bisa terpenuhi.

2. Mengakkhirkkan Sahur

Perlu kamu ketahui bahwasanya sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika sahur mereka mengahirkan sahur. Hal ini tentunya memberikan manfaat yang besar bagi tubuh kita. Karena mengakhirkan sahur bisa membuat tenaga serta energi bisa tahan lama. Selain itu mengakhirkan sahur juga merupaan perkara yang diperintahkan oleh syariat.

3. Jangan Tidur Setelah Subuh

Sebagian orang memiliki kebiasaan tidur setelah sahur ataupuun setelah sholah subuh. Ini merupakan salah satu kebiasaan buruk karena selain bisa menghambat rezeki, tidur setelah subuh bisa membuat tubuh menjadi tidak segar ketika bangun. Kebiasaan seperti ini tidak baik secara kesehatan. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Ibnu Al-Qoyyim Al-Jauziyah rahimahullah.

“Tidur setelah subuh bisa mencegah rezeki karena diwaktu subuh merupakkan waktu makhluk mencari rezeki dan waktu dibagikan mereka. Tidur setelah subuh suatu hal yang dilarang(makruh), kecuali ada suatu penyebab atau keperluan. Sangat berbahaya bagi kesehatan badan karena bisa melemahkan dan merusak badan karean sisa-sisa(metabolisme) yang harusnya diurai dengan berolahraga atau beraktivitas.” (Zadu al-ma’ad, 4/222)

Berikut ini cara agar setelah sholat subuh tidak langsung tidur:

  • Makanlah sahur pada akhir waktu, karena kalau jarak antara makan sahur dengan sholat subuh terlalu jauh bisa membuat kamu mengantuk.
  • Mengisi Kegiatan setelah sholat subuh dengan banyak orang, seperti mengaji di masjid atau membaca al-quran.
  • Jangan makan sahur terlalu banyak.

4. Menyegerakan Berbuka

tips menjaga kesehatan di bulan ramadhan

Ketika suara adzan maghrib sudah terdengar, maka segerakanlah untuk berbuka. Jangan menunda-nunda ketika berbuka puasa, hal ini agar energi bisa langsung terisi dan badan menjadi segar kembali.

Selain itu menyegerakan untuk berbuka puasa merupakan syariat yang di anjurkan. Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda.

قَالَ اَللَّهُ تعَالى أَحَبُّ عِبَادِي إِلَيَّ أَعْجَلُهُمْ فِطْرًا

“Allah ‘Azza wa jalla berfirman: Hamba-hambaku yang paling aku cinta adalah mereka yang paling menyegerakan berbuka” (HR. Tirmidzi no. 700)

5. Jangan Bermalas-malasan dan Tetap Berolahraga

Bagi kebanyakan orang, puasa bisa dijadikan alasan untuk mengurangi aktivitas secara total. Padahal beraktivitas ketika berpuasa bisa merangsang pengeluaran hormon-hormon anti insulin yang bisa berfungsi melepas gula dari simpanan energi, sehingga kadar gula dalam darah tidak menurun dan akhirnya tubuh tetap segar bugar sepanjang hari.

Ketika kamu sudah terbiasa untuk berolahraga, maka hendaknya kamu tetap melakukannya ketika berpuasa. Lakukanlah olahraga ringan seperti lari-lari kecil atau gerakan senam kecil lainnya. Namun, dalam beberapa keadaan seseorang yang berpuasa tidak di anjurkan untuk berolahraga.

Orang yang Tidak di Anjurkan Berolahraga

Contohnya seperti orang yang kurang tidur karena begadang dalam rangka ibadah untuk menghidupkan malam. Ketika keadaan tubuh sedang menurun olahraga juga tidak dianjurkan. Bagi yang memiliki penyakit kronis sebagaiknya berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter jika ingin berolahraga.

Selain itu, hindarilah olahraga ketika ingin tidur, karena ketika selesai melakukan olahraga metabolisme dalam tubuh masih berjalan. Hal ini bsia membuat seseorang kekurangan waktu untuk tidur dan tubuh tidak memiliki kesempatan untuk beristirahat.

Itulah sedikit yang bisa saya berikan mengenai “Tips Menjaga Kesehatan di Bulan Ramadhan“, semoga apa yang bisa saya berikan ini bisa bermanfaat bagi kamu semuanya dan semoga amal puasa kita dan amal-amal lainnya bisa bernilai ibadah dan mendapatkan pahala. aamiin ya rabbal ‘alamiin.

Baca Juga:

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here