8 Tips Manjur agar tetap semangat dalam Menulis

Assalamualaikum Wr. Wb. Halo! Setelah vakum cukup lama dari dunia penulisan artikel, tepatnya satu tahun. Akhirnya author kembali lagi.

8 Tips Manjur agar tetap semangat dalam Menulis

8 Tips Manjur agar tetap semangat dalam Menulis

Bagi kamu yang memiliki bakat menulis tapi malas atau bingung memulai dari mana, selamat! Kamu datang di artikel yang tepat. Karena Di kesempatan kali ini, aku akan memberikan tips-tips manjur agar kalian semangat dalam menulis, entah itu novel kah, cerpen, atau bahkan puisi, dan lain-lain.

Penasaran kan.. kan.. kan.. Yuk! Kita masuk di pembahasan.

1. Mulailah dengan Menulis Diary

Ini adalah cara pertama yang aku sangat sarankan kepada kamu untuk memulai karir di dunia tulis menulis. Ya, karena aku sendiri merasakan hal yang sama. Pada dasarnya, menulis adalah kegiatan sebagai sarana mengungkapkan perasaan.

Mulai dari sinilah, perlahan namun pasti, semangat kamu dalam menulis akan terus berkembang. Bahkan bukan tidak mungkin jika diary yang kamu tulis setiap hari dapat menjadi sebuah karya.

2. Jadikan MenulisSebagai Gaya Hidup

Sebenarnya, semua orang bisa menulis. Hanya terkadang rasa malas yang membuat beberapa dari mereka terhambat hingga akhirnya berhenti ditengah jalan. Padahal kunci agar tulisan kita dapat berkembang menjadi lebih baik adalah dengan menjadikan kegiatan menulis ini sebagai gaya hidup. Jadikan menulis adalah kegiatan wajib kamu.

Percaya atau tidak, jika menulis menjadi kebiasaan, semangat menulis akan tetap berkobar.

3. Masuk di Komunitas Menulis

Cara seperti ini sangatlah bagus untuk kamu yang membutuhkan teman seperjuangan di dunia literasi. Dalam komunitas pun, kamu dapat bertukar pikiran dan memotivasi bahkan saling menginspirasi dalam hal menulis. Dengan begitu, semangat menulis kalian akan tetap terjaga dan lebih berkembang lagi.

Apalagi sekarang banyak komunitas menulis online yang akan mempermudah kamu mendapatkan ilmu disamping komunitas berbasis offline.

4. Membaca, Jangan di Lupakan!

Rasanya kurang afdal atau bahkan rancu jika kamu ingin menulis tapi tidak giat membaca. Mengapa? Karena dengan membaca, kamu bisa membuka jendela ilmu dan menambah kosakata. Membaca karya orang lain juga mampu memotivasi kamu untuk terus menulis meskipun sedang down. Jadi jangan lupa membaca hari ini.

5. Mengikuti Seminar Kepenulisan

Selain masuk dalam komunitas, kamu juga bisa mengikuti seminar kepenulisan yang diadakan oleh lembaga-lembaga tertentu. Bagi kamu yang membutuhkan tips-tips dan trik, atau bahkan motivasi dari penulis-penulis yang berpengalaman agar semangat menulismu terus membara, cara ini termasuk efektif.

6. Jauhkan Hal yang Bisa Menggangu Ketika Menulis

Hal mengganggu yang akan kita bahas kali ini adalah smartphone. Ya, tidak bisa disangkal jika benda super canggih itu bisa menghambat kamu dalam menulis. Apalagi bagi mereka yang sudah keasikan scrolling di media sosial sambil melihat status orang lain. Tentu ini akan mengalihkan konsentrasi dan menurunkan laju proses kreatif.

Lagi pula, akan lebih baik jika smartphone kamu diubah ke silent mode atau mode pesawat sebelum mulai menulis.

7. Jangan Mengedit Saat Menulis

Untuk tips ini, aku sendiri kadang mengabaikannya. Namun dampak dari itu membuat aku sulit menyelesaikan tulisan. Ini bisa jadi pelajaran penting buat kamu yang sedang dalam proses menulis sambil mengedit secara bersamaan. Percayalah, kegiatan itu bisa menghambat proses kreatifmu karena akan membuang waktu.

Adapun jika kamu ingin mengedit terlebih dahulu kamu harus menyelesaikan tulisanmu. Sehingga kamu lebih fokus dalam menuangkan ide-ide.

8. Jangan Lupa Beristirahat

Dari hasil pencarianku di internet, tips ini juga penting untuk diterapkan. Ingat, meskipun ide-ide begitu mengalir dengan lancar ketika menulis, jangan lupa untuk beristirahat. Sekitar sepuluh menit sudah cukup untuk membuat mata, jari dan juga pikiran rilek setiap satu jam.

Hal ini penting agar kamu tetap dalam kondisi prima ketika lanjut menumpahkan ide-ide brilian ke dalam bentuk tulisan.

Okelah teman-teman, itulah tadi delapan tips manjur yang aku sarankan agar kalian tetap semangat dalam menulis. Di terapkan ya! Semoga semangat kalian makin berkobar. Akhir kalimat, see you next time and Wassalamualaikum Wr. Wb.

Post Comment