Strategi Marketing yang Paling Efektif

2
156
strategi marketing efektif

Strategi Marketing yang Paling Efektif –¬†Hei sobat semua, bagaimana kabar kamu semuanya? Semoga selalu senantiasa dalam lindungan allah yah. Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas mengenai hal yang sangat penting dalam dunia “Bisnis“.

Perlukah Menggunakan Strategi Marketing?

strategi marketing efektif

Apa itu? Apa lagi kalau bukan Strategi marketing. Dalam dunia bisnis tentunya kita sangat membutuhkan sebuah strategi untuk bisa mencapai tujuan yang telah kita buat. Jika tanpa strategi sebuah bisnis akan sangat susah untuk berkembang, bahkan bisa sampai gulung tikar.

Setiap tahunnya, Tren marketing mengalami perubahan. Bahkan tren marketing tidak perlu menunggu setahun untuk update.

Bagaimana Jika Tidak Memiliki Strategi Marketing?

Jika kamu seorang pebisnis tentunya kamu sudah memiliki strategi sendiri untuk bisa bersaing dengan para kompetitormu. Terlebih lagi di Indonesia sangat banya pebisnis-pebisnis baru yang siap untuk menumbangkanmu. Dan jika kamu tidak selalu update strategimu, maka kamu akan kalah dalam dunia pertempuran ini.

Salah satu contohnya saja adalah Bluebird. Siapa yang tidak kenal dengan BlueBird? Tentunya kita kenal, bahkan kita pernah menaikinya bukan?. Tapi dengan berkembangnya zaman, Bluebird kini di kalahkan oleh Gojek. Kenapa bisa?

Ini karena gojek memiliki strategi yang lebih baik di banding bluebird. Kita bisa lihat banyak orang yang menggunakan gojek dibanding bluebird. Untuk itu alangkah baiknya jika kamu selalu mengupdate strategimu. Jangan sampai kamu tetap menggunakan strategi lama, Karena banyak orang diluar sana siap mengalahkanmu dengan strategi baru mereka.

Strategi Marketing yang Paling Efektif

Untuk menghadapi tantangan bisnis di tahun 2019, maka kamu perlu menggunakan strategi marketing yang efektif, ini agar kamu bisa bersaing dan bahkan memenangkan persaingan ini.

1. Sosial Media

strategi marketing keinginan pembeli

Saat ini masih banyak masyarakat indonesia bermain dengan sosial media, dan kemungkinan akan sangat sulit untuk meninggalkannya. Hal ini bisa kamu gunakan untuk menjaring orang agar mau membeli barangmu atau jasa yang kamu tawarkan.

Saya sendiri juga merasakannya, orang-orang di indonesia lebih suka dan tertarik pada suatu produk yang di tawarkan secara online daripada harus pergi untuk mengunjungi tokonya langsung.

Agar produkmu laku, kamu bisa melakukan endorse artis. Ini merupakan salah satu strategi marketing yang cukup banyak dilakukan. Namun jika bajetmu belum cukup, kamu bisa menggunakan jasa para selebgram untuk mempromosikannya.

Selain itu kamu juga bisa melakukan giveaway setiap sebulan sekali, atau kamu bisa membuat penawaran menarik di hari-hari tertentu. Ini agar banyak pelanggan yang tertari dan membeli produkmu.

2. Google

strategi marketing google

Mungkin bagi kamu yang masih Gaptek, akan sangat kesulitan untuk memahaminya. Bagi kamu yang memiliki produk maupun jasa, kamu bisa memasarkannya melalaui google. Kamu bisa menggunakan SEO ataupun adwords.

Apa itu SEO? Apa itu AdWords? Perbedaan antara SEO dan AdWords adalah gratis dan berbayar. Disinilah banyak orang yang sedang berjuang untuk menggapai halaman 1 google, sama seperti saya saat ini. SEO=Gratis, AdWords=Bayar.

Bagi kamu yang suka tantangan bisa menggunakan SEO, karena disini kamu harus berjuan, Sedangkan AdWords, kamu hanya perlu membayar google untuk meng-halaman 1kan artikel maupun websitemu.

3. Manfaatkan Customer Experience

strategi marketing customer exprience

Kamu bisa memanfaatkan pengakuan dari customer untuk mendapatkan pelanggan baru. Karena dengan ini banyak orang yang akan datang untuk menggunakan jasa ataupun membeli produkmu.

Karena dengan pengakuan pelanggan, maka akan terlihat kualitas produkmu. Para konsumen biasanya akan cenderung mencari tempat-tempat rekomendasi dari customer lain, karena mereka biasanya takut dikecewakan.

4. Mengetahui Keinginan Pembeli

strategi marketing keinginan pembeli

Jika kamu ingin terjun ke dunia bisnis online, maka kamu tidak bisa menawarkan produk ataupun jasa sesukamu. Kamu harus mengetahui apa yang saat ini sedang dibutuhkan oleh banyak orang.

Jika anda berbisnis dengan produk yang kamu sukai, maka produk kamu kemungkinan tidak akan laku di pasaran, sebab tidak dicari orang.

Seorang pengusaha harus mampu mengetahui kebutuhan maupun keinginan pembeli, jika ingin sukses. Produk-produk yang akan muncul di tahun 2019 haruslah mengikuti selera pasar maupun trend sesuai waktunya.

5. Tentukan Target

strategi marketing target pembeli

Biasanya pebisnis muda maupun pemula melupakan salah satu hal yang penting ini. Padahal ini bisa mengukur keberhasilan bisnismu. Sebelum terjun langsung, kamu perlu menentukan target dari penjualanmu.

Contohnya kamu memiliki produk baju bayi, tapi kamu menawarkannya kepada para remaja dan para jomblo. Pastinya ini akan sia-sia saja, karena mereka belum membutuhkan baju bayi ini. Terkecuali kamu menawarkannya pada ibu-ibu yang tengah hamil, maka kemungkinan besar produk baju bayi kamu akan laku keras.

Itulah sedikit yang bisa saya berikan, semoga ini bermanfaat bagi kamu semuanya. Dan jika kamu ingin terjun menjadi seorang pengusaha, maka kamu harus menyiapkannya secara matang, dan tentunya kamu jangan sampai melupakan strategi-strategi yang efektif untuk menggapai keberhasilanmu.

Jangan lupa untuk selalu membangun tim dan memaksimalkan SDM yang kamu miliki, Jika perlu lakukan pertimbangan melalui tes terlebih dahulu. Agar kamu dan Timmu memiliki satu visi dan misi untuk selalu mengembangkan perusahaanmu.

Jangan sampai gegabah, sebab dunia bisnis penuh dengan rintangan dan saingan. Selalu ikuti perkembangan teknologi, maka bisnismu akan berkembagn pesat.

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here