Perbedaan SEO OnPage dan SEO OffPage

0
122
Perbedaan SEO OnPage dan SEO OffPage

Perbedaan SEO OnPage dan SEO OffPage – Halo kawanku semuanya, bagaimana kabar kalian semua? Semoga kalian semua diberikan kesehatan agar bisa senantiasa melakukan kegiatan-kegiatan yang positif serta bermanfaat. Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas mengenai Perbedaan SEO OnPage dan SEO OffPage.

SEO OnPage dan SEO OffPage

Perbedaan SEO OnPage dan SEO OffPage

Namun sebelum saya membahas mengenai Perbedaan SEO OnPage dan SEO OffPage, alangkah baiknya saya jelaskan terlebih dahulu mengenai “Apa Itu SEO?”. Bisa jadi anda merupakan orang yang baru belajar dan belum terlalu faham mengenai SEO itu sendiri. Namun jika anda ingin mengetahui secara detail menganai SEO, maka anda bisa membacanya di artikel “Pengertian SEO dan Manfaatnya“. Artikel ini sangat cocok bagi anda, terutama bagi anda yang masih pemula.

Jika saya harus menjelaskan mengenai SEO, maka sebenarnya SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. Atau bisa kita terjemahkan sebagai optimasi mesin pencari, yang biasanya banyak dilibatkan dalam artikel blog ataupun website. Hal ini bertujuan agar artikel maupun website yang kita miliki ini bisa berada pada halaman 1 Google.

Contohnya : Saya memiliki artikel, dan tentunya artikel saya ini ingin dikkunjungi oleh banyak orang. Nah, disinilah peranan SEO dibutuhkan. Karena saat anda ingin membaca sebuah artikel, pastinya anda akan mengklick yang ada pada halaman 1 Google, bukan pada halaman selanjutnya.

Cara Kerja SEO

Upaya SEO sendiri biasanya selalu menggunakan upaay pendekatkan pada mesin pencari, hal ini agar artikel ataupun blog kita bisa mendapatkan rankking terbaik di Google. Sebenarnya ada cara mudah agar artikel kita berada pada ranking terbaik Google, yaitu dengan menggunakkan cara Google Ads.

Teknik yang digunakan untukk melakukan pendekatan kepada Google ini ada kurang lebih 200 faktor penentu. Biasanya Google akan melihat artikel yang anda buat, dan jika artikel anda dianggap mendekati faktor-faktor tersebut, maka artikel bisa muncul pada halaman terbaik Google. Bisa muncul di nomer 1, posisi ke 2, atau minimal bisa muncul di halaman 1 Google.

Kategori dalam SEO

Ada 2 kategori SEO yang sangat dikenal luas, yaitu optimasi SEO OnPage dan Optimasi SEO Ofpage. Optimasi SEO OnPage merupakan optimasi yang dilakukan dari dalam website itu sendiri, sedangkan SEO OffPage adalah cara yang dilakukan oleh pemilik website dari luar situsnya, tapi masih memberikan dampak pada situsnya tersebut.

Agar lebih paham mengenai SEO OnPage maupun SEO OffPage, saya akan berikan Perbedaan SEO OnPage dan SEO OffPage, anda bisa membacanya dibawah ini.

Perbedaan SEO OnPage dan SEO OffPage

Agar bisa memahami lebih jelas lagi mengenai Perbedaan SEO OnPage dan SEO OffPage, maka anda harus mengetahui terlebih dahulu cara yang harus dilakkukan untuk setiap optimasi. Sehingga ini akan memudahan anda mengetahui dan anda akan mampu sendiri membedakan kedua optimasi ini.

Cara kerja yang dilakukan oleh mesin pencari Google dan mesin pencari lainnya tidaklah jauh berbeda. Biasanya mereka akan menilai kualitas dan relevannya sebuah konten terhadap kata kunci yang di targetkan. Tidak hanya itu, mesin pencari juga akan melihat eksistensi pendukung yang memberikan vote terhadap artikel anda.

Jika kedua unsur ini sudah dianggap memenuhi, maka kemungkinan artikel yang anda buat ini akan mendapatkan ranking terbaik di mesin pencari. Kedua cara kerja mesin pencari ini sangat erat kaitannya dengan seo.

Ketika anda fokus untuk mendapatkan kualitas konten, maka itu sudah mewakili dari SEO OnPage. Dan ketika anda fokus untuk mendapatkan dukungan untuk artikel anda dari luar situs, maka itu sudah mewakikili optimasi SEO OffPage.

Optimasi SEO OnPage

Perbedaan SEO OnPage dan SEO OffPage1

Tujuan dari SEO OnPage ini adalah agar mendapatkan repuutasi yang baik di mata mesin pencari. Sehingga artikel yang kita buat akan mendapatkan posisi terbaik di mata mesin pencari. Berikut ini beberapa upaya optimasi SEO OnPage yang perlu anda perhatikan.

a. Membuat artikel yang melibatkan unsur SEO OnPage

SEO OnPage yang disukai Google biasanya memiliki judul, artikel yang relevan, permalink, dan masih banyak lainnya. Untuk lebih lengkapnya kamu bisa membacanya di “Belajar SEO OnPage“. Di artikel itu sudah saya berikan banyak sekali faktor-faktor SEO OnPage yang bisa menaikkan artikel kamu.

b. Tamplate

Tamplete atau tema sangatlah mempengaruhi ranking dari artikel kita. Misalkan membuat tema yang responsive sehingga mobile frindly. Membenahi struktur template agar terhindar dari duplikat konten yang tidak disukai mesin pencari, dan sebagainya.

Optimasi SEO OffPage

Perbedaan SEO OnPage dan SEO OffPage2

Sedangkan optimasi SEO OffPage ini adalah segala macam cara yang dilakukan dari luar situs kita. Namun masih mendukung terhadap situs maupun blog kita agar bsia di temuai di mesin pencari. Untuk lebih memahaminya ada beberapa faktor mengani SEO OffPage ini.

a. Backlinkk

Backklink biasanya kita kenal sebagai inbound link atau link masuk. Contohnya anda masuk kesini, dan jika anda mengklick Link ini maka anda akan di arahkan menuju blog lainnya. Inilah yang dinamakan backlink.

Backlink ini sangat berpengaruh terhadap ranking website kita. Semakkin banyak dan berkualitas backlink kita, maka akan semakin baik ranking yang diperoleh website kita. Banyak cara yang bisa anda lakukan untuk membangun backlink ini, salah satu contohya adalah dengan mengomentari artikel orang lain.

b. Promosi

Yang berikutnya adalah dengan cara promosi. Hal ini biasanya jika anda baru membangun website maka anda perlu melakukan promosi. Baik itu secara offline maupun online. Hal ini bertujuan agar website atau blog kita lebih dikenal oleh banyak orang. Anda bisa melakukannya dengan membagikan link website anda di facebook, whatsapp, dan lainnya.

Baca Lainnya :

Itulah sedikit yang bisa saya sampaikan menganai “Perbedaan SEO OnPage dan SEO OffPage”. Semoga artikel yang saya berikan ini bisa bermanfaat untuk kita semuanya, jangan lupa share jika menurut anda bermanfaat, dan anda bisa tinggalkan koment dibawah ini agar bisa mendapatkan backlink. hehehehe, sampai jumpa pada artikel saya selanjutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here