Perbedaan Processor Intel dan AMD yang Mungkin Belum Kalian Ketahui

0
170

Perbedaan Processor Intel dan AMD – Halo sahabat semua, Bagaimana kabar kalian semuanya? Semoga Allah senantiasa memberikan kesahatan dan rezeki yang lancar. Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan membagikan artikel mengenai “Perbedaan Processor Intel dan AMD”. Langsung simak dibawah ini yah.

Siapa sih yang tidak tahu mengenai processor? Pasti semuanya sudah tahu, walaupun mungkin ada yang belum pernah melihatnya secara langsung. Mungkin bagi kita yang tidak memiliki laptop atau komputer tidak mengetahui banyak tentang processor itu sendiri. Di bawah ini pengertian mengenai processor pada komputer maupun laptop.

Apa itu Processor?

Processor meruapakan suatu kompenen terpenting dalam komputer maupun laptop yang memiliki fungsi untuk memproses data dan mengontrol semua sistem yang ada pada komputer. Kita juga bisa menyebut processor ini sebagai otak dari komputer. Cara kerja processor sendiri adalah untuk melakukan perhitungan dan menjalankan perintah yang dilakukan oleh pengguna itu sendiri.

Jika kita ibaratkan tubuh manusia, motherboard ialah jantungnya dan processor ialah otaknya. Otak berfungsi untuk mengontrol semua perangkat lunak maupun keras. Oleh karena itu, salah satu hal terpenting sebelum membeli laptop ataupun PC adalah processornya.

Perbedaan Processor Intel dan AMD dari Sejarahnya

Jika kita lihat dari sejarahnya, maka Intel-lah yang memproduksi processor lebih awal dibanding AMD. Bahkan, Intel sendiri merupakan perusahaan yang mempelopori penggunaan processor pada perangkat elektronik pertama kali, seperti komputer.

Processor Intel pertama kali dirilis pada tahun 1971 dengan nama Intel 4004. Sedangkan AMD baru merilis processor pertamanya 20 tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1991 dengan nama Am386. Menariknya, AMD membuat processor ini dengan meniru intel 386 yang dibuat pada 1986.

Perbedaan Processor Intel dan AMD dari Segi Harga

Kalau kita lihat dari segi harganya, pasti kalian semuanya sudah mengetahuinya mana harga yang lebih murah. Yaps, benar sekali AMD lah yang lebih murah harganya. Inilah yang menjadi salah satu perbedaan antara AMD dan Intel yang paling mencolok.

Untuk harga processor menengah keatas antara AMD dan Intel biasanya tidak terlalu mencolok. Jika kamu berniat untuk mencari laptop dengan harga murah namun memiliki spesifikasi yang tinggi, maka kamu bisa laptop dengan processor AMD bisa jadi pilihan yang tepat. Tapi jika kamu lebih mementingkan performa multimedia yang baik, maka laptop dengan processor intel lebih baik.

Perbedaan Processor Intel dan AMD jika Dilihat dari Kelbihan dan Kekurangan

1. Suhu Processor

Processor Intel biasanya memiliki rating TDP (Thermal Design Point) yang lebih rendah dibandingkan AMD. Ini berarti processor intel tidak cepat panas dibandingkan processor AMD. Faktor suhu pada laptop tidak bisa dipandang sebelah mata, hal ini karena jika suhu panas, maka performa dari processor akan semakin menurun dan lebih boros listrik.

Processor AMD lebih cepat panas, hal ini karena AMD memiliki jumlah core yang lebih banyak dibandingkan Intel. Walaupun semakin banyak core pada processor bisa membuatnya lebih kencang, tapi konsekuensinya ialah processor akan lebih cepat panas.

2. Kemampuan dan Kualitas Grafis

Dari kemampuan dan kualitas grafis, AMD bisa dikatakan lebih baik dibanding Intel. Terutama pada segmen menengah kebawah. Processor AMD dengan grafis Radeon mampu mengalahkan processor Intel yang mengandalkan grafis Intel Iris. Yah, walaupun Intel mengeluarkan processor Intel Iris Pro, tapi masih tetap bisa dikalahkan dengan AMD Ryzen generasi terbaru dari Radeon.

3. Kemampuan Multimedia

Walaupun AMD mengalahkan Intel dalam segi kualitas grafisnya, tapi tetap saja tidak bisa mengalahka Intel dalam segi kemampuan Multimedia. Kualitas gambar dari laptop atau PC yang menggunakan Intel lebih tajam dibandingkan AMD.

Jadi ini sangat cocok bagi kamu yang menangani pekerjaan seperti foto ataupun vidio. Karena proses rendering vidio di laptop dengan Intel lebih cepat dibandingkan laptop dengan AMD.

4. Ketersedian MotherBoard

Saat ini banyak sekali tersedia motherboad yang kompatibel dengan intel. Bentuk socket pada motherboar pada umumnya lebih sering di sesuaikan dengan produk intel. Motherboard yang cocok dengan AMD masih sulit dicari, hal ini di sebabkan karena Intel lebih dahulu bermain pada segmen PC rakitan dibanding AMD. Kelebihan Inilah yang menjadi Perbedaan Processor Intel dan AMD.

5. Sensitivitas Virus

AMD memiliki ide untuk menciptakan processor yang bisa mendeteksi virus maupun malware. Fitur yang diberi nama EVP atau Enhanced Virus Protection ini bisa mengecek apakah ada virus atau malware pada program maupun file.

Jika processor mendeteksi adanya virus dan malware, maka processor tidak akan memprosesnya. Perbedaan Processor Intel dan AMD inilah yang membuat beberapa pengguna lebih menyukai laptop dengan processor yang menggunakan AMD dibanding Intel.

Nah, itulah sedikit yang bisa saya sampaikan mengenai “Perbedaan Processor Intel dan AMD”. Dari kelebihan maupun kekurangn dari kedua processor ini, kamu sendiri yang bisa memutuskan. Laptop atau PC dengan processor mana yang lebih tepat sesuai dengan kebutuhan yah tentunya.

Baca Lainnya Mengenai Internet Marketing.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here