Perbedaan Pemasaran Online dan Offline

0
231
perbedaan pemasaran online dan offline1 (1)

Perbedaan Pemasaran Online dan Offline – Halo sahabat semuanya, bagaimana kabar kalian semuanya? Semoga baik-baik saja yah. Pada Kesempatan yang berbahagia ini, saya ingin menjelaskan mengenai “Perbedaan Pemasaran Online dan Offline”. Semoga artikel ini bermanfaat yah.

Perkembangan Digital sangat Signifikan

perbedaan pemasaran online dan offline1 (1)

Melihat perkembangan digital saat ini sangatlah signifikan, karena mampu menciptakan pola baru bagi kehidupan masyarakat. Ketergantungan seseorang terhadap internet, sepertinya sudah menjadi gaya baru. Coba bayangkan saja, dari kamu bangun tidur, sampai ingin tidur apa yang kaku lihat terlebih dahulu, Pastinya Smartphone bukan?.

Sayapun melakukan hal yang demikian. Tapi setiap orang pasti memiliki alasan yang berbeda ketika berinteraksi menggunakan smartphone. Ada yang ber-sosial media ria, ada yang streaming, ada yang chatingan, dan masih banyak lainnya.

Peluang bagi Para UKM

Bagi kamu sebagai seorang pelaku UKM ini jelas adalah peluang yang sangat besar untuk meluaskan bisnis yang kamu tekuni. Alasannya pun sangatlah jelas, karena banyak sekali orang yang memainkan Media Sosial di dunia ini. Pengguna facebook di Indonesia saja sudah lebih dari 75 juta sedangkan Instagram sudah melebihi 30 Juta.

Tentnunya ini akan menjadi peluang yang besar untuk menjual barang maupun jasa yang kamu miliki. Dengan begitu banyaknya pengguna media sosial di Indonesia, maka kita perlu memanfaatkannya. Memang kita sering mendengar perdebatan argumen mengenai kenapa kita harus terjun ke bisnis online.

Pengertian Pemasaran Online dan Offline

Pemasaran online merupakan pemasaran yang dilakukkan dengan sister komputer online interaktif yang menghubungkan pelanggan dengan penjual secara elektronik. Sedangkan pemasaran offline merupakan proses transaksi penjualan barang maupun jasa secara langsung. Dimana konsumen dan produsen bertemu dalam satu tempat untuk melakukan pross transaksi jual beli.

Nah, agar lebih jelas lagi kamu bisa menyimaknya dibawah ini. Karena disini saya akan memberikan perbedaan antara bisnis online dan offline, yang mungkin kamu bisa menilainya sendiri, terlebih bagi kamu yang ingin memulai usaha atau UKM dengan keterbatasan Modal.

Perbedaan Pemasaran Online dan Offline

perbedaan pemasaran online dan offline (1)

Dibawah ini perbedaan antaran bisnis online dan bisnis offline.

1. Modal Usaha

Perbedaan Pemasaran Online dan Offline yang pertama adalah modal usaha. Bisnis online membutuhkan modal yang bisa dibilang sedikit, karena biaya awal untuk membuaka toko online ini bisa dikatakan gratis, mungkin hanya bermodalkan smartphone dan internet.

Sedangkan bisnis offline ini tentunya harus memiliki persiapan yang matang, dan tentunya harus memiliki modal awal. Kamu harus menyewa bangunan, membeli barang yang ingin kamu jual. Tentunya ini membutuhkan modal yang tidak sedikit, belum lagi harga sewa bangunan yang semakin hari semakin mahal.

Sebagai contoh saja, saya ingin membuka sebuah usaha toko kelontong saja. Maka saya harus menyiapkan dana awal terlebih dahulu untuk menyewa bangunan, membayar listrik, alat penunjang dan lainnya. Mungkin modal awal saya sekitar 20-50 juta.

Setelah toko dan stock barang sudah kita atur dengan rapi, masih ada pertanyaan yang terlintas dipikiran. Setelah ini apakah ada yang membeli atau tidak? Mungkin bagi orang yang baru terjun ke dunia bisnis pasti akan bertanya-tanya. Belum lagi barang ada yang tidak laku, dan barang akan kadaluarsa.

Namun dengan digital marketing, jelas modal yang dibutuhkan tidaklah banyak. Terlebih lagi kita bisa tahu barang apa yang sedang banyak dicari, targetnya siapa, jangkauannya kemana, dan lainnya hanya dengan modal yang sedikit untuk split test di awal.

Setelah kita tahu barang apa yang banyak diminati orang, barulah kita mulai membuat website, blig, fanspage, instagram, dan lainnya untuk menawarkan barang yang ingin kita jual. Selain itu dengan barang split test tadi, atau dengan dropshipping, artinya kita tidak memerlukan stock barang dirumah.

2. Jangkauan Pemasaran

Perbedaan Pemasaran Online dan Offline yang kedua adalah jangkaua pasar. Bisnis online memiliki jangkauan pemasaran yang sangat luas, bahkan bisa sampai penjuru dunia. Dengan terjun kedalam bisnis online ini, maka anda tidak hanya mendapatkan customer dari sekitaran daerah saja, kamu bisa menjangkau seluruh indonesia bahkan dunia.

Kenapa bisa demikian? Yaa, karena platform internet sangatlah memungkinkan untuk melakukan hal itu. Terlebih lagi kita tahu seniri pemakaian internet sudah hamir merata diseluruh dunia.

Sedangkan bisnis offline hanya akan menjangkau orang-orang yang ada disekitaran daerah kamu, jangkauannya tidak luas. Dan pastinya orang-orang sekitaran situ saja yang akan membeli produk kamu.

3. Waktu

Perbedaan Pemasaran Online dan Offline yang ketiga adalah masalah waktu. Bisnis online tidak pernah terikat oleh waktu, bisa dikatakan buka 24 jam. Bahkan saat kamu tidur pun bisa saja kamu mendapatkan transaksi, karena semua transaksi dilakukan melalui chating otomatis, emali, dan sebagainya.

Nah sedangkan bisnis offline hanya bisa buka dengan waktu yang terbatas, contohnya saja toko hanya buka dari jam 7 pagi hingga 5 sore. Sangat jarang ditemui bisnis offline yang buka 24 jam kecuali warung kopi, dan warung makan lainnya.

Jika toko kamu buka 24 jam pasti costnya sangat besar, karena kamu harus memiliki pegawai shift-shiftan, anggaran listrikm dan sebagainya. Belum lagi masalah keamanan.

Itulah sedikit yang bisa saya sampaikan mengenai perbedaan pemasaran online dan offline. Semoga artikel ini bisa membantu kita semua, terutama bagi kamu yang ingin terjun kedalam bisnis online maupun offline.

perbedaan pemasaran online dan offline2 (1)

Tapi alangkah baiknya jika kita juga sudah mulai terjun ke bisnis online, karena sekarang ini sudah memasuki Industri 4.0 yang mana semuanya sudah serbah canggih. Jangan sampai ketinggalan mengenai perkembangan zaman, karena bisa-bisa kita akan kalah bersaing dengan kompetitor kita.

Baca Juga :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here