Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Pada Anak

0
108
Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Pada Anak

Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Pada Anak ini karena kesehatan pada anak memang harus kita jaga dengan baik dan selalu siaga.

Halo semuanya, selamat datang kembali di bekahilahi.com. Pada kesempatan kali ini saya ingin membahas mengenai kesehatan lagi. Tapi yang saya bahas bukan tentang kesehatan badan, tetapi mengenai pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut pada anak-anak. Ini karena gigi dan mulut sangat berpengaruh besar terhadap tubuh lainnya.

Akibat Tidak Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Pada Anak2

Pasti kamu pernah merasakan sakit gigi bukan? Bagaimana rasanya? Pastinya terasa sangat sakit, sampai-sampai mengganggu jam tidur kita. Padahal ini dirasakan pada orang dewasa, lalu bagaimana jika sakit gigi ini dirasakan oleh anak-anak? Pastinya anak-anak yang mengalami sakit gigi ini akan terus-terusan menangis.

Anak-anak biasanya akan memiliki banyak masalah pada kesehatan. Mulai dari kesehatan gigi dan mulut hingga kebagian tubuh yang lain. Yang harus perlu kamu ingat sebagai orang tua, “Janganlah pernah menyepelekan sekecil apapun permasalahan yang berhubungan dengan kesehatan anak”. Karena biasanya hal kecil akan menjadi hal serius dikemudian hari nanti.

Permasalahan yang Sering Terjadi pada Anak-Anak

Kesehatan gigi dan mulut pada anak serta permasalah kesehatan lainnya juga jangan sampai luput dai perhatian kita. Hal-hal yang menyangkut kesehatan pada gigi dan mulut anak akan berhubungan dengan sesuatu yang serius. DI bawah ini adalah hal-hal yang berhubungan dengan kesehatan gigi dan mulut anak, serta permasalahan yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

1. Tumbuh Gigi

Tumbuh gigi ini biasanya akan terjadi saat bayi, yaitu saat mereka mengenal makanan yang padat pertama kali. Disini makanan padat akan merangsang pertumbuhan gigi pada bayi. Ini adalah persiapan bayi untuk mebghadapi fase selanjutnya.

Gigi-gigi yang tumbuh pada bayi biasanya disebut sebagai gigi susu. Jumlah total gigi pada bayi adalah 20 yang terdiri dari 4 gigi seri atas, 4 gigi seri bawah, 2 gigi taring ata, 2 gigi taring bawah, 5 geraham atas, dan 4 geraham bawah.

2. Gigi Copot

Gigi copot adalah fase dimana gigi yang baru akan muncul. Gigi-gigi baru yang akan muncul ini akan menjadi permanen dan digunakan hingga mereka menjadi dewasa.

3. Kerusakan gigi

Gigi rusak biasanya terjadi pada hampir semua anak. Kerusakan gigi ini biasanya terjadi karena mengkonsumsi yang manis-manis secara berlebihan, penggunaan botol susu, hingga penggunaan obat (antibiotik tertentu). Biasanya gigi rusak yang dihasilkan antara lain susunan gigi tidak rata, gigi berlubang, warna gigi tidak putih, dan karies pada gigi.

4. Sakit Gigi

Sakit gigi ini biasanya terjadi karena kerusakan pada gigi. Anak-anak yang sering Sakit gigi karena adanya lubang di gigi mereka. Disini akan terjadi kontak langsung antara makanan dengan syaraf gigi yang langsung terekspor keluar akibat lapisan gigi dentng yang rusak.

5. Perawatan Gigi

Perawatan gigi pada anak biasanya sering terabaikan oleh para orang tua. Mereka menganggap bahwa gigi susu pada anak hanyalah sementara, karena gigi susu ini akan diganti oleh gigi permanen. Jadinya para orang tua sering mengabaikan hal-hal penting seperti menggosok gigi dan kunjungan ke dokter gigi.

Beberapa faktor gangguan kesehatan lainnya yang sering kita rasakan seperti bau mulut, sariawan, gigi berlubang, pembengkakan gusi, dan lainnya ini berasal dari kesehatan gigi dan mulut yang kurang dijaga dengan baik. Untuk menghindari hal-hal seperti ini, maka kita perlu menjaga kesehatan gigi dan mulut, terutama pada anak-anak.

Ini diakibatkan oleh berbagai macam bekteri dan kuman yang ada pada mulut, yang mana mereka akan berkembang biak dengan cepat jika tidak ada tindakan dari kita. Mulut dan gigi kita anggap sebagai pintu dari segala makanan dan minuman yang masuk kedalam tubuh kita. Tak hanya itu, bakteri dan kuman yang ada pada mulut bisa juga masuk kedalam sistem pencernaan dan akan menginfeksi organ-organ penting dalam tubuh akibat dari gigi yang berlubang.

Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut pada Anak

Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Pada Anak1

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, bahwa Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Pada Anak ini tidak bisa kita abaikan. Anak pada umumnya belum mengerti menganai akan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut. Oleh sebab itu, kita sebagai orang tua harus mengajarkan mengenai pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut.

Selain itu, kita juga harus menanamkan kebiasaan baik sejak dini, karena ini akan menjadi pendidikan positif tersendiri bagi anak dan akan terbawa hingga dewasa.

Gigi merupakan salah satu alat bantu pencernaan yang sangat pentng. Mulut dan gigi menjadi gerbang utama untuk membantu mencacah dan melunakan makanan yang akan masuk kedalam tubuh. Gigi yang terjaga akan membuat anak bisa merasakan kenikmatan makanan yang mereka makan.

Tapi jika sakit gigi sudah menyerang, janganlah kenikmatan makanan yang di dapat, yang ada anak akan menjadi rewel dan akkan membuat bingung orang tua. Oleh sebab itu, orang tua harus memberikan perhatian yang khusus dalam menjaga kesehatan gigi serta mulut pada anak.

Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Pada Anak

Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Pada Anak

1. Sikat Gigi Secara Teratur

Menjaga kesehatan gigi dan anak sebenarnya tidaklah sulit. Kita hanya perlu mengajarkan anak dengan selalu menggosok gigi secara teratur. Waktu yang baik untuk menyikat gigi ini adalah sesudah makan dan sebelum tidur. Pastikan saat menggosok gigi pada anak sebaiknya menggunakan odol dengan rasa buah yang disukai anak-anak.

Selain menggunakan odol rasa buah, kamu juga harus meperhatikan sikat gigi yang ingin digunakan. Pastikan gunakan sikat gigi yang halu dan lembut agar gusi anak tidaklah terluka. Ajarkan untuk menggosok gigi secara merata dan teratur, agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Jangan Selalu Sering Memberikan Makanan yang Mengandung Gula

Membatasi makanan yang mengandung gula ini bisa kita lakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut pada anak. Anak-anak memang sangatlah menyukai makanan yang manis, namun jika diberikan secara berlebihan, makanan manis ini akan merusak kesehatan gigi dan mulut.

Apalagi jika anak jarang menggosok gigi, maka sisa-sisa makanan akan menempel di gigi dan disitulah akan menjadi sarang bakteri yang akan mengganggu kesehatan gigi. Selain itu karang gigi juga akan lebih mudah muncul dan akan merusak keindahan gigi.

3. Kumur-Kumur Sebelum dan Sesudah Makan

Sebelum makan ada baiknya jika kumur-kumur terlebih dahulu, agar kuman dan bakteri tidak ikut masuk ke dalam sistem pencernaan tubuh secara berlebihan. Begitu juga sebaliknya. Sesudah makan paling baik dan dianjurkan untuk berkumur-kumur. Ini dilakukan agar menghilangkan sisa-sisa makanan yang lengket disela-sela gigi.

4. Jangan Biarkan Menghisap Botol(dot) saat Tidur

Cara menjaga kesehatan gigi dan mulut selanjutnya yaitu jangan biarkan anak untuk menghisap botol saat ia hendak tidur. Hal ini juga sudah dijelaskan oleh dokter gigi dan dokter anak mengenai membiarkan anak menghisap sebotol susu formula atau apapun itu akan merusak gigi dan ini tidaklah sehat.

Ini dikarenakan cairan manis dalam botol menempel pada gigi anak, dan pastinya akan mempermudah bakteri dan kuman untuk hidup dalam mulut mereka. Bakteri merupakan penyebab bau mulut serta membuat gigi berlubang.

5. Minum Air Putih

Cara yang terakhir dan yang paling manjur untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut pada anak adalah dengan meminum air putih setelah mengkonsumsi makanan yang mengandung gula. Dengan cara ini akan membuat sisa-sisa makanan lebih mudah hilang dan tidak akan membuat kerusakan pada gigi. Tentunya meminum air putih secara teratur juga dapat menjaga kesehatan tubuh buah hati.

Nah itu dia sedikit yang bisa saya sampaikan mengenai Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Pada Anak, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semuanya terutama bagi orang tua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here