Pengertian Akuntansi Keuangan dan Tujuan Akuntansi Keuangan

0
23
pengertian akuntansi keuangan

Siapa yang disini tidak tahu mengenai akuntansi keuangan? Pastinya sudah banyak yang mengetahui akan hal ini, bahkan ada yang bercita-cita sebagai seorang akuntan. Bagi anda yang tidak mengetahuinya, saya akan membahas mengenai pengertian akuntansi keuangan beserta tujuan akuntansi keuangan.

Pengertian Akuntansi Keuangan

tujuan akuntansi keuangan

Akuntansi keuangan adalah suatu proses meringkas, mencatat, mengolah, dan menyajikan data transaksi, serta berbagai aktivitas yang berkaitan dengan keuangan. Dengan adanya akuntansi ini, maka akan memudahkan seseorang dalam pemngambilan keputusan.

Berbicara mengenai akuntansi, pasti akan berkaitan dengan angka-angka dan perhitungan yang rumit sebagai bentuk pencatatan transaksi. Pada umumnya, akuntansi ini sangat dibutuhkan dalam mengelola bisnis perusahaan sebagai pelaporan keuangan perusahaan.

Pembuatan laporan akuntansi bisa digunakan sebagai bahan untuk mengambil keputusan perusahaan sesuai hasil analisa akuntansi. Ada banyak sekali pengertian akuntansi keuangan menurut para ahli, anda bisa menyimaknya dibawah ini.

Pengertian Akuntansi Keuangan Menurut Para Ahli

Secara bahasa, pengertian akuntansi keuangan sendiri adalah suatu bentuk interprestasi dari keuangan perusahaan untuk mengukur serta menjabarkan kepastian mengenai informasi yang berkaitan dengan keluar masuknya uang perusahaan. Untuk lebih jelas, anda bisa simak dibawah ini.

1. Charles T. Horngren dan Walter T. Harrison

Menurut kedua ahli ini, pengertian akuntansi adalah sistem informasi yang mengukur aktivitas bisnis, memproses data menjadi sebuah laporan, serta mengkomunikasikan hasil kepada orang yang akan mengembil keputusan.

2. Littleton

Menurut Littleton, akuntansi merupakan suatu aktivitas yang bertujuan untuk melaksanakan perhitungan periodik antara biaya usaha dan hasil prestasi. Definisi yang dijelaskan ini merupakan inti dari teori akuntansi dan merupakan ukuran yang dijadikan rujukan ketika mempelajari akuntansi keuangan.

3. Warren

Menurut Warren, akuntansi adalah sebuah sistem informasi yang menghasilkan laporan kepada pihak-pihak yang memiliki kepentingan mengenai aktivitas ekonomi serta kondisi perusahaan.

Itulah pengertian akuntansi menurut para ahli yang bisa anda jadikan rujukan. Setelah mengetahui pengertian akuntansi, alangkah baiknya kita mengetahui juga tujuan akuntansi keuangan itu sendiri, ini agar anda tidak salah dalam mengartikan akuntansi keuangan ini.

Ikuti: Training Akuntansi Keuangan

Tujuan Akuntansi Keuangan

pengertian akuntansi keuangan dan tujuannyapengertian akuntansi keuangan

Tujuan akuntansi secara umum yaitu untuk mengumpulkan serta melaporkan informasi yang berkaitan dengan keuangan, kinerja, posisi keuangan, serta arus kas dalam sebuah bisnis perusahaan. Informasi yang dihasilkan ini nantinya akan digunakan sebagai dasar dalam membuat keputusan perusahaan.

1. Tujuan Akuntansi Secara umum

  • Memberikan informasi yang berkaitan dengan keuangan, baik itu aktiva maupun passiva perusahaan.
  • Menyediakan informasi mengenai perubahan berbagai sumber ekonomi perusahaan.
  • Memberikan informasi yang berkaitan dengan keuangan yang bisa membantu dalam pembuatan estimasi potensi keuntungan perusahaan.
  • Memberikan informasi mengenai perubahan berbagai sumber ekonomi, seperti aset, hutang, serta modal.
  • Menyediakan informasi lainnya yang berkaitan mengenai laporan keuangan untuk membantu pengguna laporan keuangan ini.

2. Tujuan Akuntansi secara khusus

Secara khusus, tujuan akuntansi keuangan ialah untuk menyediakan berbagai informasi dalam bentuk laporan yang memuat posisi keuangan, hasil perusahaan, maupun perubahan posisi keuangan lainnya secara wajar sesuai prinsip akuntansi berterima umum.

3. Tujuan Akuntansi Secara Kualitatif

Tujuan akuntansi keuangan secara kualitatif meliputi beberapa hal berikut ini.

  • Memberikan informasi yang relevan.
  • Menyampaikan informasi yang telah teruji kebenarannya serta validitasnya.
  • Informasi yang disampaikan harus bisa dimengerti oleh pihak yang berkepentingan.
  • Menyampaikan laporan keuangan untuk kepentingan semua pihak yang terkait dengan akitivitas perusahaan.
  • Memberikan informasi transaksi sesegera mungkin.
  • Penyampaian laporan keuangan harus lengkap dan memenuhi standar pengungkapan laporan keuangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here