Macam-Macam Gangguan Kepribadian

1
67
Macam-Macam Gangguan Kepribadian

Macam-Macam Gangguan Kepribadian – Halo sahabat semuanya, balik lagi bersama saya Rifqi. Pada Bagaimana kabar kalian semuanya? Semoga selalu diberikan kesehatan dan rezeki yang lancar yah. Pada kali ini, saya ingin membahas mengenai Macam-Macam Gangguan Kepribadian. Simak selengkapnya dibawa ini yah.

Apa itu Gangguan Kepribadian?

Macam-Macam Gangguan Kepribadian

Gangguan kepribadian merupakan suatu kondisi ini yang bisa menyebaban si penderitanya memiliki pola pikir dan perilaku yang tidak sehat dan berbeda dengan orang pada umumnya. Selain memiliki pola pikir yang tidak sehat, kondisi yang bisa dikatakan gangguan mental ini juga bisa membuat penderitanya sulit untuk merasakan, memahami, bahkan berinteraksi dengan orang lain.

Gangguan kepribadian pada diri seseorang ini bisa menyebabkan banyak masalah dalam lingkkungan sosial. Tak jarang, hubungan antara penderita gangguan kepribadian dengan orang lain yang ada di rumah, sekolah, dan pekerjaan jadi sangat terbatas.

Ciri-Ciri Penderita Gangguan Kepribadian

Penderita gangguan kepribadian memiliki ciri-ciri yang mudah untuk dikenali, adapun cirinya seperti.

  • Berperilaku Aneh
  • Mengurung Diri
  • Menghindari Interaksi Sosial
  • Sulit Menjalin Hubungan Dekat dengan Orang Lain
  • Kesulitan Mengendalikan Pikiran
  • Berprasangka Buruk

Macam-Macam Gangguan Kepribadian

Gangguan kepribadian ini bisa dibedakan menurut jenisnya dan dibagi menjadi tiga kelompok. Pertama ialah gangguan kepribadian kelompok A. Yang mana, seseorang yang terkena gangguan kelompok A ini biasanya akan memiliki pemikiran dan perilaku ayng aneh. Ada beberapa jenis gangguan kepribadian kelompok A ini, antara lain.

Gangguan Kepribadian Kelompok A

Gangguan Kepribadian Skizotipal. Penderita ini tidak hanya memiliki tingkah laku yang aneh dan cara berbicara yang tiak wajar. Si penderita gangguan kepribadian ini kerap kali terligat cemas ataupun merasa tidak nyaman dalam situasi sosial.

Tidak hanya itu, si penderita juga bisanaya suka mengkhayal, seperti percaya kalau dirinya itu memiliki kekuatan telepati yang bisa mempengaruhi emosi dan tingkah laku orang lain, ataupun percaya kalau suatu tulisan pada korang adalah pesan tersembunyi bagi mereka.

Gangguan Kepribadian Skizoid. Biasanay penderita gangguan kepribadian skizoid ini memiliki sifat yang dingin. Mereka sukar menikmati momen apapun, tidak tertarik menjalin hubungan pertemanan dengan siapapu, bahkan lawan jenis, dan mereka tidak akan bergeming ketika dikritik maupun dipuji. Mereka biasanya suka menyendiri dan menghindari interaksi sosial.

Gangguan Kepribadian Paranoid. Ciri utama dari si penderita ini adalah kecurigaan dan ketidak percayaan terhadap orang lain secara berlebihan. Termasuk pada pasangan mereka sendiri. Mereka takut kalau orang lain memanipulasi, atapun pasangan mereka berkhianat.

Gangguan Kepribadian Kelompok 2

Kelompok B dari Macam-Macam Gangguan Kepribadian ini memiliki ciri yaitu pola pikir ataupun perilaku yang sulit diprediksi. Dan emosi berlebihan dan dramatis. Jenis gangguan kepribadian dari kelompok B ini terdiri dari.

Gangguan Kepribadian Ambang(borderline). Orang yang menderita Gangguan Kepribadian seperti ini biasanya memiliki emosi yang tida stabil dan memiliki dorongan untuk menyakiti dirinya sendiri. Selain itu, si penderita juga merasa kesulitan ketika berinteraksi dengan orang lain. Mereka merasa tidak dianggap baik dalam lingkungan baik itu keluarga maupun masyarakat.

Gangguan Kepribadian Antisosia. Seperti namanya, orang yang terkena Gangguan Kepribadian ini kerap kali mengabaikan norma sosial yang berlaku. Biasanya mereka tidak memiliki rasa simpat terhadap orang lain. Si pendrita cenderung menyalahkan orang lain atas masalah dalam kehidupan mereka, mengintimidasi, dan mereka tidak mampu mengendalikan amarah dan mempertahankan hubungan.

Gangguan Kepribadian Narsitik. Orang yang menderita Gangguan Kepribadian ini baisanya merasa yakit kalau dirinya leih istimewa dibandingkan orang lain. Mereka cenderung arogan dan akan terus menerus mengharapkan pujian dari orang lain. Mereka akan membangga-banggakan prestasi yang berhasil ia capai. ketika mereka merasa ada orang lain yang lebih unggul, mereka akan sangat iri.

Gangguan Kepribadian Kelompok C

Macam-Macam Gangguan Kepribadian1

Ketiga adalah Gangguan Kepribadian Kelompok C. Gangguan Kepribadian kelompok C tidak jauh berbeda dengan kedua kelompok diatas, yaitu rasa cemas dan ketakutan. Gangguan Kepribadian kelompok C ini dibagi atas.

Gangguan Kepribadian Dependen. Yaitu penderita akan sangat bergantung pada orang lain dalam hal apapun. Mereka tidak bisa hidup mandiri, dan selalu merasa ketakutan jika ditinggalkan orang lain. Saat mereka sendiri, biasanya mereka akan merasa tidak nyaman dan tidak berdaya.

Akibat ketergantungan secara berlebih ini, penderita Gangguan Kepribadian dependen tidak bisa membuat keputasan dan mengemban tanggung jawa sendiri tanpa bantuan ataupun petunjuk orang lain.

Gangguan Kepribadian Menghindar. Penderita Gangguan Kepribadian seperti ini yaitu menghindari kontak sosial, terutama dalam kegiatan baru yang melibatkan orang asing. Tidak sama dengan penderita Gangguan Kepribadian skizoid, mereka menghindar karena merasa malu dan tidak percaya diri.

Sebenarnya mereka ingin sekali menjalin hubungan, tapi mereka merasa tidak pantas untuk berbaur dan khawatir mengalami penolakan.

Gangguan Kepribadian Obsesif Kompulsif. Orang yang mengalami Gangguan Kepribadian ini bisa dikatakn gila kendali. Mereka akan kesulitan untuk berkerja sama dan lebih memilih untuk mengatur serta menyelesaikan tugas sendiri. Karena kepribadian mereka yang perfeksionis, mereka cenderung stress apabila hasil dari pekerjaannya tidak sesuai dangan standar mereka yang tinggi.

Itulah sedikit yang bisa saya sampaikan mengenai macam-macam gangguan kepribadian. Semoga apa yang bisa saya sampaikan ini bisa bermanfaat untuk kita semuanya, dan jika kamu memiliki teman yang terkena gangguan kepribadian, segeralah mungkin untuk membantunya dengan membawanya ke dokter kejiwaan atau psikiater.

Baca Juga:

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here