Penting! Tips Merawat Luka Khitan Agar Cepat Kering

0
6
Luka Khitan Agar Cepat Kering

Khitan atau yang lebih dikenal dengan sunat merupakan salah satu operasi kecil untuk menghilangkan kulup yang menutupu kepala kemaluan laki-laki. Seperti operasi lainnya, khitan juga meninggalkan luka jahitan. Supaya luka khitan agar cepat kering, tentunya harus dirawat dengan tepat untuk penyumbuhan berjalan cepat tanpa kesulitan.

Luka Khitan Agar Cepat Kering

Luka sunat Agar Cepat Kering

Jika ananda baru selesai di khitan, tentunya orang tua yang wajib merawatnya dirumah. Oleh karena itu, anda perlu membekali diri dengan pengetahuan mengenai cara merawat luka sunat yang sesuai dengan standart kesehatan untuk mempercepat keringnya luka dan tentunya sembuh.

Pada prinsipnya, setiap luka akan sembuh dengan sendirinya, kecuali adanya kesulitan seperti infeksi. Inilah hal yang paling ditakui oleh orang tua, tidak hanya menimbulkan nanah serta nyeri yang berkepanjangan. Infeksi ini juga akan membuat memperlambat luka khitan cepat kering.

Tips Merawat Luka Khitan Agar Cepat Kering

Selain memperlambat luka khita kering, infeksi ini juga bisa membahayakan tubuh secara keseluruhan loh. Untuk itu, anad bisa menyimak langkah-langkah yang bisa anda lakukan untuk luka Sunat agar cepat kering dibawah ini.

1. Minum Obat

Sebelum disunat, biasanya dokter akan memberikan obat bius yang langsung disuntikan pada saraf-saraf yang menuju kulit prepurium yang akan dipotong. Obat bius yang diberikan ini sangatlah penting untuk meredam rasa nyeri selama proses sunat berlangsung. Setelah itu, biasanya pasien akan merasakan sakit.

Oleh karena itu, biasanya dokter memberikan beberapa obat, dan tentunya obat ini harus diminum setelah proses khitan. Tujuannya adalah agar anak tidak merasakan sakit akibat jeda bius.

2. Istirahat

Pada umumnya dokter akan menutup luka khitan dengan kasa yang sebelumnya sudah diolesi dengan cream antibiotik. Kasa ini memiliki fungsi utama melindungi luka supaya tidak mudah tercemar lingkungan sekitar. Selain itu, kasa juga berguna apabila ada darah yang masih keluar.

Istirahat ketika selesai disunat adalah hukum mutlak. Ini untuk menenangkan si anak, baik fisiknya maupun mentalnya. Walaupun ia mungkin tidak merasakan kesakitan ataupun trauma sedikitpun. Istirahat juga membantu luka khitan agar cepat kering.

3. Hindari Aktifitas Berat

Berhubung jaitan setelah khitan baru saja dibuat, perban baru dipasang, maka selain beristirahat anak jangan sampai melakukan aktifitas yang berat.

Contohnya seperti lari-lari, bermain bola, dan aktifitas berat lainnya. Ini untuk menghindari pendaraham, terlepasnya jaitan maupun perban.

4. Jaga perban untuk Tetap Kering dan Bersih

Jangan sekali-kali biarkan benda kotor, air, ataupaun yang lainnya mengenai perban. Jika hal seperti ini terjadi, maka risiko infeksi akan semakin meningkat karena bakteri senang pada lingkungan yang kotor, basah, dan lembab.

Oleh karena itu, selalu gunakan pakaian untuk melindungi perban, tapi jangan sampai pakaian tersebut menyentuh langsung. Oleh karena itu, anda bisa menggunakan sarung ataupun celana khusus khitan yang bisa didaptkan di rumah sunat gresik.

5. Kenakan Pakaian Longgar

Luka Khitan Agar Cepat Kering

Kemaluan yang baru saja di khitan akan tersa nyeri dan sensitif jika tersenggol walaupun dengan pakaian. Saran untuk anda, jangan gunakan pakaian yang ketat atau terlalu rapat. Ini bisa menyebabkan aliran darah kurang lancar, kelembapan meningkat, dan tentunya ini akan semakin lama proses penyembuhannya.

Oleh karena itu, dari zaman dahulu anak-anak yang baru selsai di sunat akan menggunakan sarung. Selain linggar, sarung juga mempermudah ketika ingin ketoilet maupun melakukan perawatan.

Mungkin itulah sedikit tips untuk luka khitan agar cepat kering yang bisa anda ikuti dirumah. Ini biasanya perawatan untuk anak yang menggunakan sunat konvesional. Di rumah sunat sidoarjo sendiri saat ini sudah menggunakan metode modern seperti klam dan lainnya. Jadi sudah tidak perlu jahit menjahit dan tentunya sudah bisa beraktifitas seperti biasanya setelah sunat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here