Lakukan Hal ini Agar Anak Dekat dengan Orang Tua

0
131
Lakukan Hal ini Agar Anak Dekat dengan Orang Tua2

Lakukan Hal ini Agar Anak Dekat dengan Orang Tua – Banyak orang tua yang disibukkan dengan pekerjaan hingga membuat para orang tua dibuat stress dengan pekerjaan dan karier. Belum lagi kekhawatiran orang tua terhadap keuangan keluarga.

Orang Tua Harus Dekat dengan Anak-anak?

Lakukan Hal ini Agar Anak Dekat dengan Orang Tua2

Bagaimanapun kondisinya ini, orang tua harus membangun kedekatan kepada anak-anaknya, karena ini merupakan tugas sebagai orang tua. Menciptakan hubungan emosi positif sangat bermanfaat dan akan berdampak besar bagi anak-anak. Biasanya orang tua melupakan kedekatan dengan anaknya karena sibuk untuk mencari uang, hal ini berdampak buruk bagi tumbuh kembang anak.

Manfaat Anak Dekat dengan Orang Tua

Kedekatan anak dengan orang tua merupakan fondasi terpenting bagi tumbuh kembang anak. Kelekatan, kehangatan dan rasa cinta kasih dari seorang ayah dan ibu dapat mencegah anak dari perbuatan atau perilaku kenakalan dan depresi saat anak bertumbuh menjadi dewasa.

Kedekatan inilah yang harus dijalin oleh orang tua kepada anak sejak dini. Hal ini akan berguna dalam pembentukan karakter anak-anak kelak. Kedekatan anak dengan orang tua juga mampu mempengaruhi kecerdasan anak. Seiring dengan berjalannya waktu dan pertmbuhan anak, maka ikatan emosional ini dapat berkembang melalui kegiatan yang dapat kita lakukan sehari-hari.

Cara Membangun Kedekatan Kepada Anak

Oleh karena itu, para orang tua harus melakukan cara ini agar dekat dengan anak.

1. Jangan Hadir secara Fisik

Hal yang terpenting ketika bersama anak adalah menghadirkan kedekatan hati. Banyak orang tua yang hanya hadir disekitar secara fisik saja, namun hatinya entah tidak tau dimana. Meski orang tua menemani sang anak bermain, atau menyuapi, memandikan namun anak tidak akan merasakan kedekatan, jika hal tersebut tidak dilakukan dengan hati.

Apalagi di era digital seperti sekarang ini, banyak orang tua yang akan sibuk dan fokus dengan gadgetnya ketika bersama sang anak. Psikolog mengungkapkan bahwa anak yang diasuh oleh orang tua yang sering sbuk dengan dunianya sendiri, terutama dunia gadget akan membuat anak kehilangan fokusnya.

Saat orang tua menemani anaknya bermain, tapi malah sibuk dengan handphonenya, maka ini akan membuat sang anak akan kehilangan konsentrasinya, kurang percaya diri, dan kurang perhatian. Ini merupakan salah satu cara agar bisa dekat dengan anak yang paling sering dilupakan oleh para orang tua.

2. Belaian dan Pelukan akan Memberikan Kedekatan

Belaian dan pelukan yang diberikan oleh orang tua kita tidak akan ada habisnya dan tidak pernah kadaluarsa sampai berapapun umur kita. Anak yang tumbuh dengan belaian dan pelukan akan menjadi anak yang lebih peka serta penuh akan kasih sayang terhadap sesama.

Menurut penelitian klinis dan psikologis mengatakan bahwa pelukan dari orang tua untuk anaknya dapat meningkatkan kecerdasan otak, merangsang produksi hormon, dan oksitosin yang mana memberikan perasaan tenagn dan bahagia serta mampi mengeluarkan zat berbahaya dari otak.

3. Sering Meluangkan Waktu untuk Anak

Memiliki waktu berkualitas (quality time) lebih efektif untuk membangun kedekatan dengan sang anak. Tetapi harus ada waktu khusus yang dialokasikan untuk sang anak. Anak tidak hanya membutuhkan kuantitas, melainkan juga membutuhkan kualitas dari waktu itu saat bersama orang tuanya.

Jangankan berbicara menganai quality time, kalau orang tua tidak setiap hari memiliki waktu bersama anaknya. Jadi alokasikan waktu setiap hari secara konsisten. Gunakan kesempatan ini dengan bersungguh-sungguh, untuk membangun kedekatan dengan anak.

Kebersamaan yang sering bersama anak, akan menjadi momen untuk membangun kedekatan, kepercayaan, dan bisa memahami karakter dari sang anak. Momen kebersamaan antara orang tua dan anak bisa tercipta karena adanya aktivitas sederhana namun sering. Anda bisa memulainya dengan sering berbicara mengenai aktivitas sehari-harinya. Kalau bisa lakukan percakapan sesering mungkin, karena ini juga salah satu cara agar bisa dekat dengan anak.

Baca Juga : Cara Menjaga Kesehatan Anak

4. Memberikan Kesempatan Pada Anak, Jangan Over Mengontrolnya

Lakukan Hal ini Agar Anak Dekat dengan Orang Tua

Kedekatan tidak selalu dengan mengontrol kehidupan sang anak. Janganlah karena alasan sayang, menjadikan orang tua melarang apa yang ingin dilakukan sang anak. Ini merupakan kemanjaan yang berlebihan, dan jelas ini tidaklah baik bagi anak.

Banyak orang tua yang mengekang anaknya karena mungkin orang tuanya tidak menyukai hal yang dilakukan anaknya. Hal ini akan membuat sang anak tak bisa memiliki kontrol terhadap psikologisnya. Selain itu anak tidak akan bisa mengambil keputusannya sendiri, karena selalu dilarang orang tua serta tidak bisa memiliki privasi akibat orang tua yang selalu ingin ikut campur.

Itulah sedikit yang bisa saya bagikan mengenai cara agar anak bisa dekat dengan orang tua. Semoga dengan artikel saya ini bisa memberikan manfaat kepada para orang tua, dan bisa mendekatkan kita dengan anak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here