Kesalahan saat Berjalan Kaki yang Sering Disepelekan Banyak Orang

0
85
Kesalahan saat Berjalan Kaki1

Kesalahan saat Berjalan Kaki yang Sering Disepelekan Banyak Orang – Jalan kaki merupakan salah satu kegiatan olaharaga yang sering dilakukan banyak orang. Ternyata berjalan kaki memberikan segudang manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh kamu, tapi sayangnya masih banyak orang yang tak sadar melakukan kesalahan saat berjalann kaki.

Kesalah saat Berjalan Kaki

Kesalahan saat Berjalan Kaki

Hal ini berakibat pada manfaat saat bejalan kaki menjadi tidak optimal, padahal kita sangat sering melakukan kegiatan ini. Apa saja kesalahan berjalan kaki yang sering disepelekan banyak orang? Simak penjelasannya dibawah ini.

1. Langkah Kaki Terlalu Lebar

Kebanyakan orang yang berjalan cepat pastinya secara tidak sadar ia akan melangkah dengan kaki yang lebar. Hal ini ternyata tidaklah tepat. Langkah kaki yang terlalu lebar malah bisa membuat gerakan tubuh menjadi lebih berat dan lebat.

Selain itu betis dan tulang kering akan terasa nyeri. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa berjalan kaki dengan mengambil langkah yang lebih pendek, tapi dengan irama dan gerakan yang lebih cepat.

2. Minum Terlalu Sedikit

Berjalan kaki merupakan salah satu olahraga yang banyak dilakukan orang. Hal ini membuat kamu harus memenuhi asupan cairan yang cukup sebelum dan sesudah berjalan kaki. Usahakan membawa botol air minum ketika berjalan kaki agar kamu bisa terhindar dari dehidrasi sekaligus menjaga cairan tubuh agar tetap optimal. Terutama cuaca panas.

Dan yang perlu kamu ingat, hindari minuman yang mengandung kafein. Karena minuman seperti ini bukan menyegarkan dahaga kamu yang ada malah membuat kamu cepat haus dan akan kehilangan banyak cairan. Sebaiknya minumlah air mineral biasa.

3. Pakai Sepatu yang Tidak Tepat

Jika kamu sering berolahraga dengan berjalan kaki, usahakan menggunakan sepatu yang tepat. Karena jika sepatu yang digunakan tidak tepat untuk berjalan kaki, maka kemingkinan kamu akan mengali plantar fascilitis, terkilir, hingga masalah lutut.

Untuk itu kamu bisa memilih sepatu yang ringan namun tetap memiliki bantalan empuk untuk memberikan kenyamanan saat kamu berjalan. Sol sepatu juga harus fleksibel, sehingga kaki kamu tidak akan menerima tekanan berat saat berjalan.

Selain itu kamu juga harus menggunakan sepatu dengan ukuran yang pas pada kaki. Jadi kamu tidak akan mengalami kesempitan maupun kelonggoran saat memakainya.

4. Salah Memilih Baju

Beberapa orang mungkin menggunakan pakaian yang terlalu tebal saat berjalan kaki. Padahal, pakaian yang tebal malah menghambat proses penguapan tubuh. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan pakaian yang nyaman, tidak berbahan tebal dan bisa menyerap keringat.

Intinya gunakanlah pakaian yang nyaman di badan serta bisa membantu memudahkan penguapan keringat saat berjalan kaki.

5. Kepala Menunduk saat Berjalan

Kesalahan saat Berjalan Kaki1

Tanpa kita sadari, banyak orang yang berjlan kaki dengan menunduk. Entah ia fokus terhadap kaki atau malah melihat ponselnya. Padahal, menundukan kepala saat berjalan kaki akan membuat area punggung, bahu, dan leher akan merasa nyeri atau bahkan kaku.

Tidak hanya itu, berjalan sambil menunduk akan membuat kamu tidak waspada terhadap lingkungan sekitar. Bisa saja saat kamu berjalan sambil menunduk, kamu menabrak orang ataupun tiang disekitar anda.

Oleh sebab itu, berjalanlah dengan baik, boleh menunduk tapi tidak lama dan terus-terusan. Tegakkan badan dan fokuskkan mata pada jalanan agar mengetahui situasi di depan kamu.

Nah itulah sedikit yang bisa saya berikan mengenai “Kesalahan saat Berjalan Kaki” Semoga artikel ini bisa membantu kamu dan bermanfaat bagi siapa saja yang membacanya.

Baca Juga : Bahaya Begadang Bagi Kesehatan Tubuh

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here