Cara Mudah Mencegah Demam Berdarah

0
107
cara mudah mencegah demam berdarah

Cara Mudah Mencegah Demam Berdarah – Assalamualaikum, Pada artikel kali ini, saya akan membahas mengenai cara muda mencegah demam berdarah yang bisa anda lakukan dirumah. Kenapa saya membahas mengenai demam berdarah? Karena penyakit ini sangat berbahaya jika terkena oleh manusia, bahkan bisa mengakibatkan sampai kematian. Langsung simak dibawah ini.

Apa Itu Demam Berdarah?

cara mudah mencegah demam berdarah

DBD atau yang lebih lengkapnya Demam Berdarah Dengue, adalah salah satu penyakit yang di sebabkan oleh nyamuk. DBD di sebabkan oleh virus dengue yang di bawa oleh nyamuk Aedes aegypty. Untuk mencegah penyakit demam berdarah, biasanya akan dilakukan penyemprotan atau dengan kata lain fogging untuk mencegah berkembangnya jentik-jentik nyamuk aedes aegypti berkembang.

Tapi pencegahan ini tidak harus dilakukan dengan fogging, melainkan anda juga harus bisa melakukan pencegahan di rumah sendiri. Karena fogging akan dilakukan ketika sudah ada laporan kalau Nyamuk demam berdarah berkembang biak dan menyerang banyak orang.

Cara Mudah Mencegah Demam Berdarah

Daripada kita menunggu terserang penyakit ini, alangkah baiknya jika kita melakukan pencegahan sejak dini, sebelum orang dirumah terkena penyakit demam berdarah. Di bawah ini saya akan berikan cara mudah untuk mencegah demam berdarah.

1. Bersihkan Bak Mandi

mencegah nyamuk demam berdarah memberihkan bakmandi

Tahukah anda, bahwa air merupakan tempat berkembang biak nyamuk aedes aegypti? Nyamuk aedes ini sangat berbeda dengan jenis nyamuk lainnya. Jika jenis nyamuk lainnya berkembang biak di genangan air yang kotor, Nyamuk aedes hanya akan berkembang biak pada air yang bersih serta jernih.

Nyamuk betina biasanya akan bertelur pada dinding bak yang memiliki air. Kemudian larva nyamuk ini akan memakan mikroorganisme yang hidup di sekitarannya. Selama masa ini, larva akan melepaskan kulit pelindung mereka, dan kemudian akan berkembang lagi menjadi pupa.

Setelah pupa, mereka tidak membutuhkan makanan lagi, karena mereka hanya akan menunggu untuk berubah menjadi nyamuk yang siap untuk terbang. Siklus dari larva menjadi nyamuk biasanya akan berlangsung selama 8-10 hari. Oleh karena itu, untuk memutus siklus ini, anda bisa membersihkan dan menguras bak mandi anda seminggu sekali.

2. Selalu Perhatikan Perabotan yang Menampung Air

mencegah nyamuk demam berdarah membersihkan vas

Masih tentang tempat berkembang nyamuk, Anda juga harus memperhatikan perabotan rumah yang menampung air, seperti baskom, vas bunga, ember, dan wadah lainnya yang menampung air.

Tempat-tempat seperti ini biasanya akan digunakan nyamuk untuk bersarang. Untuk itu rajin-rajinlah membersihkan perabotan anda untuk mengurangi resiko kemunculan nyamuk demam berdarah.

3. Gunakan Kasa Nyamuk

mencegah nyamuk demam berdarah menggunakan kasa

Biasanya orang-orang yang pernah terserang penyakit akibat nyamuk, mereka akan mengantisipasi penyerangan nyamuk ini. Mereka akan melakukan segala cara untuk melindungi dirinya dan keluarganya dari serangan nyamuk, salah satunya dengan memasang kasa nyamuk di jendela atau pintu rumah, untuk mencegah masuknya nyamuk kedalam rumah.

Jika anda ingin terlindungi dari serangan nyamuk, anda juga bisa memasangnya, dan InsyaAllah nyamuk akan sulit masuk kedalam rumahmu.

4. Jangan Menumpuk atau Menggantung Pakaian Terlalu Lama

mencegah nyamuk demam berdarah menumpuk pakaian

Siapa yang biasanya seperti ini kelakuannya? Sering gonta-ganti baju tapi gak mau taruh pakaian yang sudah dipakai kemesin cuci, malah di gantung dibelakang pintu kamar. Ini salah tampat favorit nyamuk untuk bersarang.

Tumpukan baju ini bukan tempat untuk berkembang biak, melainkan tempat untuk bersembunyi agar terhindar dari manusia. Hal ini dikarenakan nyamuk sangat menyukai aroma tubuh manusia. Jika anda masih senang menumpuk pakaian dibelakang pintu, maka anda perlu merubah kebiasaan tersebut. Agar nyamuk tidak bersarang dikamar anda, dan anda bisa tidur dengan nyanyak.

5. Gunakan Lotion Anti Nyamuk atau Kelambu

mencegah nyamuk demam berdarah menggunakan kelambu

Jika anda adalah orang yang suka berpetualang, jangan lupa untuk selalu membawa lotion anti nyamuk. Kemuadian anda bisa mengoleskannya pada tubuh yang tidak tertutup pakaian. Selain berpergian, anda juga bisa menggunakannya ketika waktu tidur, atau jika tidak ingin repot mengoleskan, anda bisa tidur dengan menggunakan kelambu, atau menyemprot kamar terlebih dahulu.

Cara-cara tersebut bisa menghindarkan anda dari serangan nyamuk, dan yang pastinya anda bisa terhindar dari penyakit demam berdarah atau penyakit yang diakibatkan oleh nyamuk.

Itulah sedikit yang bisa saya sampaikan, semoga ini bermanfaat bagi anda yang membacanya. Ayo ubah kebiasaan kita untuk senantiasa menjaga kebersihan rumah, terutama kebersihan dikamar, agar terhindar dari gigitan nyamuk.

Sekian artikel saya kali ini, jika ada tambahan bisa tinggalkan komentar anda dibawah yah. wassalamualaikum.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here