Cara Memperlancar Rezeki Menurut Islam dan Dilakukan Banyak Orang

1
150
cara memperlancar rezeki1

Cara Memperlancar Rezeki – Assalamualaikum warahmatullah Wabarakatuh. Halo sahabat semuanya, Bagaimana kabar kalian semuanya? Semoga senantiasa diberikan kesehatan dan rezeki yang lancar. Aamiin ya rabbal ‘alamiin.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya akan berbagi tips cara memperlancar rezeki menurut islam. Tentunya ini semuanya sudah ada di Al-quran dan Al-hadist yah, jadinya tidak menyimpang. Hehehe. Ok langsung saja kita simak dibawah ini.

Siapakah yang Tahu Mengenai Rezeki?

cara memperlancar rezeki1

Siapa yang tahu menganai datangny rezeki pada hari ini? Tentunya hanya Allah lah yang mengetahuinya. Hanya orang-orang yangmemiliki niat untuk memperbaiki diri dan beristiqomah dijalannya yang pasti akan dipermudah dalam masalah mendapatkan rezeki yang halal.

Ada yang diberi rezeki yang berlimpah dan ada juga yang sempit. Ada yang rezekinya berkah dan ada juga yang tidak. Entah berapa banayk orang di dunia ini yang makan dengan rezeki haram. Entah itu uang hasil judi, uang korupsi, uang sogok, uang merampok, uang riba (Seperti Bunga dari Bank), uang hasil menipu, dan masih banyak lainnya.

Rezeki itu Luas!

Banyak orang yang tidak sabar dengan rezekinya, dan memilih untuk menggunakan jalan pintas. Padahal pintu rezeki allah sangatlah luas untuk bisa didapatkan secara halal.

Perlu kita ketahui, bahwa allah mencitpakan berpasang-pasangan. Salah satu contohnya adalah allah menciptakan kekayaan dengan kecukupan. Bukan dengan kemiskinan. Di dalam al-Quran kata kekayaan dipasangkan dengan kecukupan. Allah telah menjamin rezeki dari setiap hambanya hingga ajal menjempunya. Jadi kamu tidak perlu khawatir soal rezeki.

Rezeki Bagian dari Ujian?

Bagaimanapun juga, rezeki juga adalah bagian dari ujian. Rezeki melimpah adalah ujian, dan rezeki sempit adalah ujian. Kita tidak tahu mana yang lebih baik untuk diri kita. Tapi tentunya kita ingin rezeki yang luas, supaya hidup kita tidak terjerumus kedalam kefakiran apalagi kekafiran.

Karena fakir itu dekat dengan kafir, banyak orang yang murtad karena fakir dan di iming-imingi harta. Semoga kita tidak termasuk glongan orang-orang yang tersesat. Aamiin. Semoga rezeki kita dilapangkan, dan rezeki yang kita dapat berkah dan baik.

Cara Memperlancar Rezeki Menurut Islam

Di sini saya akan berikan Cara Memperlancar Rezeki, tentunya bukan dengan cara yang diharamkan dalam agama, tapi dengan mendekatkan diri kepada sang pencipta. Bagaimana caranya, simak dibawah ini yah.

1. Menyambung Tali Silahturahmi

menyambung tali silahturahmi memperlancar rezeki

Cara Memperlancar Rezeki yang pertama adalah dengan menyambung tali silahturohim, hal ini seperti yang disabdakan oleh Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam:

“Barang siapa yang ingin dibentangkan rezeki baginya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung silahturohim.” (HR. Bukhori dan Muslim)

Menjadi orang yang memiliki hubungan baik, terutama terhadap sanak saudara tentunya akan memudahkan ia untuk mendapatkan rezeki. Bukan hal yang lumrah, malah sangat dianjurkan dalam islam, bahwa menolong (bersedekah) kepada keluarga itu sangatlah diutamakan daripada menolong orang lain.

Selain itu, hubungan keluarga yang baik bisa dimanfaatkan untuk membangun bisnis keluarga. Jadi, dengan memiliki hubungan yang baik dengan keluarga, sesorang cenderung akan memiliki rezeki yang banyak.

Hubungan yang wajib adalah hubungan dengan orang tua. Berbakti kepada kedua orang tua meruoakjan salah satu amalan yang utama. Tidak hanya itu, medoakan kedua orang tua juga bisa menjadi sebab lancarnya rezeki. Nabi Muhammad bersabda “Apabila hamba itu meninggalkan berdoa kepada kedua orang tua niscaya terputuslah rezeki (Allah) untuknya.”

2. Infaq dan Shadaqah

infaq memperlancar rezeki

Mungkin ini aneh tapi nyata. Jika kamu ingin mendapatkan sesuatu, maka berikanlah sesuatu pada orang lain. Contohnya seperti ini, kamu ingin mendapatkan ikan yang besar, maka kamu perlu memberikan ikan kecil sebagai umpan, maka kamu akan mendapatkan ikan yang lebih besar.

Infaq, shadaah, wakaf, zakat, dan aneka pemberian lain yang baik dan tentunya harus didasari oleh niat karena allah, InsyaAllah akan dibalas oleh Allah berlipat-lipat ganda. Allah bisa membalasnya langsung di dunia, bisa pula di akhirat, atau bahkan kedua-duanya.

Allah berfirman “Dan barang apa saja yang kamu infakkan, maka Allah akan menggantinya dan dialah pemberi rezeki yang sebaik-baiknya.”(QS. Saba’:39)

Ayat ini sudah menjelaskan dengan terang, bahwa barang yang kamu infakkan nantinya allah akan mengganitinya, baik itu secara langsung di dunia, ataupun di akhirat nantinya.

3. Sholat Dhuha

Sholat Dhuha memperlancar rezeki

Orang yang mengerjakan sholat dhuha secara ikhlas, allah akan mencukupi rezekinya dari pagi hingga petang. Hal ini sudah dijelaskan oleh Rasulullah Saw, dalam hadist qudsi dari Abu Darda. Firmannya “Wahai anak Adam, jangan sekali-kali engkau malas mengerjakan empat rakaat pada waktu permulaan siang (solat Dhuha), nanti pasti akan Aku cukupkan keperluanmu pada petang harinya.” (HR al-Hakim dan Thabrani).

Shalat dhuha adalah shalat sunnah yang dikerjakan ketika matahari sedang naik, yaitu kira-kira setinggi lebih kurang 7 hasta atau sekitar satu tombak. Biasanya ini terjadi pada pukul 08:00 sampai dengan masuknya waktu dzhuhur sekitar jam 11:00 siang.

Sholat dhuha merupakan sholat sunnah muakad (sangat dianjurkan mendekati wajib) Karena Rosulullah senantiasa mengerjakannya dan memberikan pesan kepada para sahabatnya untuk mengerjakannya juga.

Itulah sedikit yang bisa saya sampaikan mengenai “Cara Memperlancar Rezeki Menurut Islam”. Semoga artikel ini bisa menjadi semangat kita dalam menjemput rezeki allah, dan semoga kita selalu diberikan rezeki yang halal, aamiin ya rabbal ‘alamiin.

Baca Juga :

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here