Cara Memasak Sayur agar Gizinya Tidak Hilang

2
279
Cara Memasak Sayur agar Gizinya Tidak Hilang

Cara Memasak Sayur agar Gizinya Tidak Hilang – Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menikmati sayuran, salah satunya adalah dengan memasaknya terlebih dahulu. Memasak sayuran biasanya akan menambah rasa nikmat pada sayuran, yah walaupun ada beberapa sayuran yang enak untuk dikonsumsi mentah-mentah sebagai lalapan.

Memasak Sayur dapat Menghilangkan Nutrisi?

Cara Memasak Sayur agar Gizinya Tidak Hilang1

Memasak sayuran memang memberikan manfaat, tetapi dibalik itu juga bisa merugikan. Hal ini dikarenakan panas yang dihasilkan oleh aat memasak sayuran dapat menghilangkan nutrisi yang terkandung dalam sayuran, terutama mineral dan vitaminnya. Ada beberapa vitamin yang dikenal tidak tahan dengan panas, contohnya seperti vitamin C, dan vitamin B.

Cara Memasak Sayuran agar Nutrisinya Tidak Hilang

Ada banyak cara untuk memasak sayur, mulai dari merebus, menguukus, sampai menumis sayuran dengan sedikit minyak. Masing-masing cara ini pastinya memiliki efek yang berbeda-beda terhadap sayuran. Dibawah ini beberpaa cara memasak sayuran agar gizinya tidak hilang.

1. Cuci dengan Air Mengalir, dan Jangan direndam

Sebelum memasak sayuran ada baiknya jika dicuci terlebih dahulu. Mencuci sayuran ini berguna untuk menghilangkan bakteri, kuman, maupun pestisida yang masih menempel pada sayuran.

Cuci sayuran dengan air mengalir dan jangan pernah mencoba untuk merendamnya. Merendam sayuran hanya akan membuat kandungan nutrisinya hilang. Seperti vitamin C, perlu diketahui bahwa vitamin C ini sangat rentan terhadap air, panas, dan udara.

2. Potong Sayuran dalam Bentuk Besar

Untuk sayuran yang mengandung banyak vitamin yang bisa larut kedalam air, seperti 3vitamin C. Maka anda bisa memotong sayuran dalam bentuk yang besar, atau anda juga bisa memasaknya secara utuh. Ini berfungsi agar kandungan vitamin C yang terdapat dalam sayuran tersebut tidak hilang selama proses pemasakan.

Jika anda ingin mendapatkan potongan yang lebih kecil, maka anda bisa memotongnya ketika sudah dimasak. Contohnya, anda bisa merebus kentang utuh dengan kulitnya, kulit kentang mengandung banyak nutrisi sehingga sayang untuk dibuang. Kemudian setelah merebusnya, anda bisa memootngnya lebih kecil agar mudah untuk memakannya.

3. Jaga Suhu, Waktu, dan Air saat Memasak

Pasa saat memasak sayuran, sebaiknya anda memperhatikan suhu, waktu, serta jumlah air yang digunakan untuk memasak. Suhu yang terlalu tinggi, waktu yang lama ketika memasak, dan jumlah air yang terlalu banyak dapat membuat nutrisi dalam sayuran hilang semuanya. Semakin sedikit air yang digunakan untuk memasak sayuran, maka semakin banyak nutrisi yang mampu untuk dipertahankan.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk memasak sayuran, terutama sayuran yang mengandung vitamin C dan vitamin B dengan cara dikukus. Cara seperti ini terbukti ampuh. Beberapa penelitian pernah menunjukkan, bahwa brokoli yang diolah dengan cara dikukus mampu mempertahankan vitamin C nya hingga 8% daripada dimasak dengan metode lain.

Pilih Metode Memasak yang Sesuai

Cara Memasak Sayur agar Gizinya Tidak Hilang

Dengan menggunakan metode yang tepat untuk memasak, maka anda dapat mengurangi hilangnya nutrisi dari sayuran akibat proses pemasakan. Sehingga, anda masih bisa mendapatkan nutrisi optimal dalam sayuran yang anda makan. Dibawah ini ada beberapa metode memasak yang mungkin bisa anda gunakan.

  • Mengukus Sayuran

Mengukus sayuran merupakan metode memasak yang paling baik untuk sayuran, terutama untuk sayuran yang mengandung vitamin C dan vitamin B. Sayuran yang sebaiknya dikukus adalah wortel, brokoli, kembang kol, kacang hijau, bayam, serta sayuran yang berwarna hijau lainnnya.

Mengukus terbukti bisa mempertahanan kandungan nutrisi yang terdapat dalam sayuran. Lebih banyak daripada metode memasak lainnya, anda bisa mengukus sayuran menggunakan panci khusus atau microweve untuk mengukus sayuran.

  • Memanggang Sayuran

Untuk memanggang sayuran, anda bisa melakukannya didalam oven ataupun diatas komper. Tetapi sebelum dipanggang, adabaiknya jika sayuran diberi minyak terlebih dahulu. Kemudian anda bisa memanggang sayuran hingga berubah warnanya dan teksturnya menjadi lebih renyah.

Jika ingin mempersingkat waktu pemanggangan, maka potonglah sayuran lebih kecil. Sayuran yang bisa dimasak dengan metode seperti ini adalah labu, asparagus, bawang bombay, wortel, buncis, dan kacang panjang.

  • Menumis Sayuran

Menumis merupakan salah satu metoden yang banyk digunakan selain merebus. Jika anda sering menumis sayuran, maka anda bisa menggunakan sedikit minya. Ini bisa membuat masakan anda lebih sehat, tertuama jika menggunakan minyak zaitun atau minyak kanola untuk memasakanya.

Cara Memasak Sayur agar Gizinya Tidak Hilang2

Menumis bisa mempertahankan vitamin serta mineral, tidak hanya itu saja menumis juga mampu mempertahankan rasa dan warna sayuran. Metode menumis ini sangat cocok untuk memasak sayuran seperti asparagus, kacang kapri, paprika, bawang, dan jamur.

  • Merebus Sayuran

Mungkin ini merupakan metode yang paling sering digunakan oleh ibu-ibu ketika memasak. Metode seperti ini tergolong sangat mudah dan simpel. Jika anda ingin mempertahankan rasa serta kerenyahan sayuran, maka anda bisa menununggu air hingga mendidih kemudian bisa langsung memasukan sayuran kedalamnya.

Anda bisa menggunakan metode ini jika ingin mengola kacang, kentang, bit, dan sayuran akar yang membutuhkan waktu lama untuk matang.

Selain itu anda juga bisa menggunakan metode blanching, yaitu metode merebus dengan waktu yang cepat pada suhu yang lebih rendah. Agar anda tidak kehilangan vitamin serta mineral yang larut dalam air, maka anda bisa mengkonsmsi air rebusan tersebut seperti pada sayur soup.

Itulah sedikit yang bisa saya sampaikan mengenai Cara Memasak Sayur agar Gizinya Tidak Hilang. Semoga artikel ini bisa bermanfaat, dan ibu-ibu maupun calon ibu semuanya bisa memasak sayuran tanpa harus menghilangkan banyak vitamin.

Baca Juga : Tips Menjaga Kesehatan Anak

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here