Inilah 6 Amalan Sunnah di Bulan Ramadhan

0
133
amalan di bulan puasa

Kita sebagai muslim di perintahkan untuk melakukan ibadah wajib yaitu Puasa ramadhan dan zakat fitrah. Bulan ramadhan merupakan bulan penuh dengan kebaikan, setiap amalan sunnah di bulan ramadhan akan di lipat gandakan, Setiap dosa akan diampuni jika seorang hamba bertaubat kepada allah. Ramadhan ini adalah bulan penuh dengan ampunan.

Amalan Sunnah di Bulan Ramadhan

inilah Amalan Sunnah di Bulan Ramadhan

Oleh karena itu, kita jangan sampai melewatkan bulan yang mulia ini, bulan penuh ampunan, dan ini merupakan kesempatan kita untuk bertaubat. Ternyata, ada seorang hamba yang tidak mendapatkan apa-apa dari puasa kecuali lapar dan haus. Hal ini di jelaskan dalam hadist riwayat Ath-Tahbrani.

“Betapa banyak orang yang berpuasa tidak mendapatkan apa-apa dari puasanya kecuali hanya menahan lapar dan dahaga saja.” (HR. Ath-Thabrani)

Untuk itu, alangkah baiknya di bulan ramdhan ini, kita mengerjakan amalan-amalan sunnah secara maksimal. Ini juga sebagai sarana untuk mendekatkan diri kepada Allah Subhanallah Wata’ala.

Disini saya mengajak kawan-kawan semuanya untuk mengerjakan ibadah sunnah di bulan puasa. Ini bisa menjadi pelengkap atau penyempurna ibadah wajib kita di bulan ramadhan.

6 Amalan Sunnah di Bulan Ramadhan

Berikut ini Ibadah sunnah di bulan puasa yang bisa kamu kerjakan.

1. Tadarus Al-Quran

Amalan Sunnah di Bulan Ramadhan tadarus

Rasullullah dan para sahabat memiliki kebiasaan untuk merutinkan dan melebihkan ketika bertadarus Al-Quran. Dahulu Nabi صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ di setiap bulan ramadhan tadarus Al-Quran bersama malaikan jibril ‘alaihissalam. Ibnu abbas berkata:

“Rosulullah صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ adalah orang yang paling dermawan, dan beliau bertambah kedermawanannya di bulan ramadhan ketika bertemu dengan malaikan jibril. Dan jibril menemui beliau setiap malam bulan ramadhan untuk mudarosah (mempelajari) Al-Quran.” (HR. Al Bukhari)

Hadist ini menunjukan bahwa Nabi صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ tadarus (mempelajari dan membaca) Al-Quran bersama malaikat jibril di malam bulan ramadhan. Waktu yang baik untuk membaca Al-Quran adalah di waktu malam.

Bulan ramadahn bisa kita jadikan sebagai momen spesial untuk merutinkan membaca Al-Quran, terutama bagi kita yang jarang membaca Al-Quran di bulan lainnya. Dengan datangnya ramadhan ini, kita bisa lebih giat untuk membaca Al-Quran, jika perlu kita mencari seorang guru yang bisa mengajari serta memahami maknanya dan bisa mengamalkannya.

2. Mengkhatamkan Al-Quran

Amalan Sunnah di Bulan Ramadhan mengkhatamkan alquran

Bagi anda yang sudah bisa membaca Al-Quran dengan baik dan benar, baik itu makhroj hurufa dan tajwidnya. Alangkah baiknya jika kamu mengkhatamkan Al-Quran ketika bulan ramadhan ini. Cobalah untuk membaca sehari 1 jus, maka kamu bisa mengkhatamkan Al-Quran dalam sebulan saja.

Bagi kamu yang masih dalam tahap belajar, kamu tidak perlu untuk mengkhatamkannya. Karena ini akan terasa berat, ditambah lagi jika kamu tidak bisa manajemen waktu yang baik, terlebih jika kamu memiliki kesibukan seperti bekerja.

Dikhawatirkan, seorang yang mengejar target khatam Al-Quran tapi ketika membaca belum baik dan benar akan mengurangi nilai keberkahannya.

Kita semua diperintahkan untuk membaca Al-Quran dengan baik dan benar. Ini seperti firman Allah dalam Al-Quran surat Al-Muzammil ayat 4, Allah berfirman yang artinya:

“Atau lebih dari seperdua itu. Dan bacalah Al-Quran dengan perlahan-lahan” (QS. Al-Muzammil ayat 4)

Maksud sebagian ayat ini adalah bacalah Al-Quran dengan pelan karena bisa membantu dalam memahaminya dan mentadabburi.

Baca Juga: Cara Memperlancar Rezeki Menurut Islam

3. Menyegerakan Berbuka

Amalan Sunnah di Bulan Ramadhan sahur

Diantara sunnah Rosulullah صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ dalam berpuasa adalah sahur dan berbuka puasa. Kedua hal ini tidak pernah di tinggalkan oleh Nabi, bahkan sahur merupakan pembeda antara puasa nabi Muhammad صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ dan umatnya dengan puasanya ahlul kitab.

Oleh karena itu kita bisa menjumpai dalam banyak hadist yang menunjukan antusian nabi dalam sahur maupun berbuka. Seperti hadist riwayat tirmidzi:

Dari abu hurairah radhiyallahu’anhu, dari nabi muhammad صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ bersabda, Allah Ta’ala berfirman, “Hamba yang paling dicintai disisiku adalah yang menyegerakan waktu berbuka puasa.” (HR. Tirmidzi)

4. Makan Sahur

Amalan Sunnah di Bulan Ramadhan berbuka

Makan sahur terdapat keberkehan didalamnya, makan sahur ini merupakan suatu hal yang di sunnahkan dan sangat dianjurkan untuk di akhirkan. Dari ana bin malik, ia berkata bahwa rosulullah صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ bersabda.

“Makan sahurlah karena sesungguhnya di dalam sahur terdapat berkah.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Ketika makan sahur, kita juga dianjurkan untuk mengakhirkan sahur. Ini agar kita bisa semakin kuat ketika melaksanakan puasa. Semoga dengan makan sahur ini kita bisa mendapatkan barokah dan anugrah dari allah Subhanalla wa ta’ala.

5. Sholat Tarawih

6 Amalan Sunnah di Bulan Ramadhan

Amalan Sunnah di bulan ramadhan ini pastinya banyak dikerjakan oleh banyak umat muslim. Ini mungkin merupakan ibadah yang khas di blan ramadhan. Perlu kita ingat, bahwa sholat tarawih ini tidak hanya dikerjakan di masjid saja, melainkan bisa dikerjakan di rumah.

Rosulullaah صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ pernah merasa khawatir, karena takut shalat tarawih di anggap sebagai shalat wajib. Nabi melihat semakin hari semakin banyak yang mengikuti Shalat tarawih di masjid sehingga beliau melaksanakan sholat tarawih dirumah.

Untuk berapa jumlah rakaat dalam shalat tarawih, InsyaAllah saya akan bahas di artkel selanjutnya yah guys.

6. Memberi Makan Orang yang Berpuasa

Amalan Sunnah di Bulan Ramadhan tadarus

Seringkali ketika kita berjalan-jalan saat bulan puasa, banyak sekali orang yang membagi-bagikan takjil maupun nasi untuk berbuka puasa. Biasanya mereka membagikannya ke masjid-masjid, di jalanan yang ditujukan kepada para musafir yang sedang dalam perjalan.

Hal ini dilakukan banyak orang karena memiliki keutamaan yang besar, seperti yang di sabdakan oleh nabi Muhammad صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ.

“Siapa yang memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi sedikitpun pahala orang yang berpuasa itu.” (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ahmad)

Memberi makan buka puasa disini boleh dengan makan malam, takji, kurma, maupun dengan air. Amalan Sunnah di Bulan Ramadhan yang kelima ini paling banyak dilakukan oleh banyak orang, karena tergolong mudah dan pahala yang di dapatkan juga besar.

Baca Juga: Hal yang Dapat Menggugurkan Pahala Puasa-

Sebenarnya masih ada banyak amalan sunnah di bulan ramadhan yang bisa kita kerjakan, seperti i’tikaf dimasjid, Umroh, Perbanyak dzikir, memohon ampunan, serta memperbanyak sedekah.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai Amalan Sunnah di Bulan Ramadhan. Semoga apa yang saya sampaikan ini bisa memberikan manfaat kepada kita semua, dan semoga ibadah puasa kita lancar semua serta bisa menjadi ladang pahala bagi kita semua. Aamiin ya rabal ‘alamiin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here